Wednesday, 21 October 2015

Bagi-bagi: Appetizer / Makanan Pembuka

Kali ini gw mau bagi-bagi info yang pernah gw dapet dari tempat kerja gw sebelumnya tentangmakanan pembuka.. Atau dalam bahasa inggris disebut Appetizer dan dalam bahasa prancis diserbut hors-d'oeuvre. 

Menurut dictionary.com artinya :
a small portion of a food or drink served before or at the beginning of a meal to stimulate the desire to eat

Dan menurut en.wikipedia.org :
is a food item served before the main courses of a meal

Yang bisa diartikan di bahasa indonesia adalah makanan yang disajikan sebelum menu utama untuk menstimulasi keinginan untuk makan.

Appetizer memang agak kurang terkenal di Indonesia, karena biasanya kita kalau makan langsung aja ke main course. Kebanyakan appetizer ini mengunakan sayur-sayuran atau buah-buahan, dimana memang sebaiknya makan lebih banyak serat sebelum kita makan main course nya. Tujuannya ya supaya pencernaan lebih lancar dan untuk membuat agak kenyang jadi kita ga kalap pas makan main course nya.

Berikut beberapa contoh untuk appetizer dan bahan-bahan yang termasuk di dalamnya.

1. Nicoise Salad
Nama nicoise ini diambil dari "Nice" ini adalah nama kota di Prancis, darimana salad ini berasal. Bahan-bahanya antara lain  paprika, buncis, tomat, kentang, black olive, cakalang, bawang bombay, tuna dan lemon vinaigrette. (Vinaigrette: dressing salad yang terbuat dari vinegar dan oil). 
Nicoise Salad
2.Greek Salad
Bahan: feta cheese, zaitun, paprika, pita chips
Greek Salad
3. Caesar Salad
Bahan: Romaine Lettuce, Cherry Tomato, Cakalang, Ayam, Smoked Salmon, Crouton Bread, Shaved Parmesan. Khas nya caesar salad ini selalu ata potongan rotinya..

Caesar Salad.
Kemaren gak sempet kefoto, jadi ini ambil dari google gambarnya :)

4. Mediterannean Chicken Salad
Bahan: Timun italia, terong, paprika, jamur, , Ayam, Basil Pesto.
Pesto itu terbuat dari basil, bawang putih, salad oil, roasted pine nut
Mediterranean Chicken Salad

5. Vietnam Roll
Bahan utama : Rommaine Lettuce, Timun, Wortel, Rice Paper Roll
Isinya biasanya udang, tapi bisa juga diganti yang lain seperti crabstick, atau kalau yang vegetarian bisa diisi buah-buahan seperti mangga, pepaya, dll.
Vietnam Roll
 
Yang gw bahas Ini bahan-bahan yang umum ya, bisa juga di variasikan tergantung chef nya tapi kurang lebih mirip seperti itu bahannya. Sebenernya jenis appetizer masih banyak lagi, cuma yang kali ini gw bahas segini dulu yaa.. Cheers!

No comments:

Post a Comment