Tuesday, 13 October 2015

Bagi-Bagi: Tips Cek Harga Restaurant di Hotel

Beberapa hari ini, gw lagi cari-cari restaurant buat ngajak bokap nyokap gw makan-makan pas acara anniversary mereka. Rencananya sih mau ke restaurant yang sering kita datangin sekeluarga. Tapi buat alternatif, gw cari-cari juga resto di hotel-hotel.. Sekali-sekali makan di hotel boleh lah yaa... Ini ada beberapa tips yang mau gw share tentang cek cek harga di resto resto hotel.

Kalo lo misalkan mau makan di salah satu restoran di hotel, sebaiknya sih liat info di webnya dulu, blog orang yang udah pernah kesono, reviewnya, dan lain sebagainya. Liat dulu restorannya itu tipenya buffet (prasmanan) atau ala carte (menu satuan) atau mungkin set menu. Selain itu sebaiknya telfon langsung juga ke tempat yang bersangkutan. Dan saat nanya harga, please make sure beberapa hal ini harus lo konfirmasi, kalo ngga bisa jadi harganya tetiba beda dari yang lo bayangkan.. Info yang gw share ini lebih buat ke restoran dengan tipe buffet sih.. Karena kalau ala carte, ya harganya tergantung makanan dan minuman yang lo pilih.

Sebelum lo nanya harga, tentuin dulu beberapa hal ini:

1.  Hari apa? (Weekend / Weekday)

The Feast, Sheraton Hotel, Bandung
Dibeberapa tempat, harga paket untuk hari kerja (weekdays) dan akhir pekan (weekends) itu beda. Dan yang dimaksud weekdays dan weekendnya juga beda-beda. Ada yang nganggep Jumat termasuk weekday dan ada juga yang nganggep masuknya weekend. Terus ada juga harga buat hari minggu siang berbeda, karena biasanya di beberapa restaurant tiap minggu ada menu Brunch. Dimana biasanya pas brunch ini harga bakalan lebih mahal, tapi jenis makanannya juga bakalan lebih banyak variasinya. Harga pas hari libur (public holiday) juga biasanya beda harga loh..

2. Mau makannya jam berapa? (Breakfast / Lunch / Brunch / Dinner)
Biasanya harganya bakalan berbeda-beda untuk makan pagi, makan siang, brunch (kombinasi makan pagi dan siang) atau makan malam. 


Table 8, Hotel Mulia Senayan, Jakarta
Dan berikut ini yang harus lo konfirmasi ke tempat yang bersangkutan:

1. Harga
Untuk di beberapa tempat, kalau kita tanya harga suka dikasih tau nya harga yang masih ++ (alias masi +tax dan + service). Nah, nilai ini berbeda-beda di setiap tempat. Bisa ada yang 10%, 15%, 21%, macem-macem deh.. Jadi mendingan di cross check langsung. Tanya aja ini harganya apakah sudah Nett (termasuk tax dan service) atau belum? Kalau belum tanya ++ nya berapa persen atau langsung aja tanya harga nett nya berapa.

Kalo lo berencana pergi sama anak, ponakan, cucu atau anak-anak lainnya. Cek juga harganya.. Biasanya harga untuk anak-anak harganya bakalan berbeda. Cek juga yang dimaksud anak-anak di tempat tersebut adalah anak umur berapa sampai berapa. Ada yang cuma sampai 10 tahun, 12 tahun, dsb.
Ada juga beberapa tempat yang ngasih Free untuk anak-anak di bawah 7 tahun, ada yang free nya cuma sampai umur 3 tahun aja, sekali lai ini juga bervariasi tergantung kebijakan masing-masing tempat. 

Mosaic Restaurant, Crowne Plaza Hotel, Bandung
2. Dapat apa aja
Coba tanyain juga, harga yang dimaksud udah termasuk buat apa aja. Karena beberapa restoran yang harganya belum termasuk minuman.. Dan sekalinya pesen minuman, harganya mahal banget. Jadi harus dicek juga, apakah harga yang dimaksud cuma buat makanannya doang atau udah termasuk minuman juga? Cek juga minumannya itu cuma air putih atau ada yang lainnya.. 
Selain minuman, di beberapa hotel terkadang ada yang termasuk tiket untuk menggunakan fasilitas lainnya, misalnya tiket untuk berenang, main di playground, atau lainnya.

3. Promo
Ini pasti refleks ditanyain sih.. Tanya aja ada promo apa? Biasanya ada promo Kartu Kredit. Atau ada juga promo langsung dari tempat bersangkutan.. Ada yang buy 2 get 1 atau ada yang pembelian diatas sekian rupiah discount 50%.. Selalu cek-cek aja promo yang berlaku.


Oh ya beberapa tempat juga ada yang minta lo buat bayar Deposit (DP) dulu, ini supaya mereka yakin kalo lo bakalan datang dan ga tiba-tiba cancel. Soalnya kan kalau reservasinya sudah penuh, mereka bakalan nolak-nolakin tamu lain karena udah ada bookingan, jadi kalau tiba-tiba kita cancel, mereka jadi agak rugi.. Harusnya bisa dapet tamu misalkan 100, karena kita cancel nya mendadak dan ga ada tamu lain yang ngegantiin tempat kita, mereka jadi cuma bisa dapat 99 deh.. Gituu..

Ini sedikit info yang bisa gw share dari pengalaman-pengalaman selama ini. Semoga berguna.. :)

2 comments:

  1. izin share gan... baca yuk
    Informasi hotel terbaik dekat Malioboro,

    ReplyDelete
  2. Thanks for info https://bit.ly/2zAzDd6

    ReplyDelete