Thursday, 26 November 2015

Bagi-Bagi: Beladiri Wing Chun, Indonesia

Todei, gw mau cerita-cerita soal pengalaman gw ngikutin salah satu beladiri yang namanya Wing Chun. Pertama kali gw denger tentang wing chun itu sekitar 2 tahun yang lalu dari salah satu acara di TV. Terus pas lagi nonton, kakak ipar gw cerita kalo dia pernah ikutan juga waktu SMA melalui ekskul di sekolahnya. Gw mulai tertarik tuh waktu itu, terus gw cari-cari lah tempat yang ngajarin Wing Chun di Jakarta. Nahh, pas itu yang gw dapet daerahnya di Gelora Bung Karno (GBK), agak jauh lokasinya dari lokasi gw waktu dua tahun yang lalu. Jadi gw urungkanlah niat gw belajar wing chun.

Terus pas awal tahun ini, kakak gw tiba-tiba cerita kalo dia mau belajar Wing Chun. Dan, teringat lah gw kalo gw juga mau belajar.. Dannn, lokasi gw sama lokasi belajarnya itu sekarang deket, yaitu di GBK deket banget sama Senayan. Untuk memastikan, gw googling lagi informasi mengenai perguruan yang ada di GBK. Dan gw nemu yang namanya Traditional Ip Man Wng Chun (TIMWC). Sebenernya ada juga pilihan lain seperti Harimau Besi atau Wing Chun Harmony Indonesia dsb, tapi yang paling deket sama tempat gw ya si TIMWC ini. Jadi gw kontak lah ke contact personnya TIMWC dan cuma dapet info kalo tempat latihannya itu di Pintu VII. Malemnya gw langsung lah melipir ke GBK sehabis pulang kerja.  Pertama kali gw kesana, gw kira lokasinya di luar ruangan, jadi gw keliling-keliling stadion lah sampe lelah dan gak nemu-nemu. Sampe gw lihat di depan Pintu VII ada sekelompok muda mudi yang lagi push up, sit up, squat, dsb dsb.. Langsung jiper lah gw, "Waduh, jangan-jangan ini latihannya Wing Chun,. Bengek gw kalo disuruh latihan macam itu" pikir gw waktu itu. Akhirnya gw memutuskan untuk melihat latihannya sebentar sambil nanya pak satpam yang lagi ikutan nontonin juga, dan ternyata si bapak pun ga tau itu latihan apa. Pas gw lagi ngeliatin yang lagi latihan, tiba-tiba hujan turun.. Jadi gw bergegas lah balik daripada kehujanan.. Sesampainya di kosan, gw baru dapat balasan lagi dari contact person dari TIMWC yang area GBK, dan gw baru tau kalo latihannya itu di dalem ruangan.. Jadi dari pintu VII itu masuk ke dalem. Dan latihannya yang di GBK itu setiap Selasa dan Kamis jam 7 malam.. Kalo Selasa di ruang depan, kalo Kamis ruangannya pindah kedalem.. 

Mok Yan Jong (Wooden Dummy).. Ini tingkat tinggi..
Berbekal informasi tambahan, gw datang lagi lah pas hari Selasa ke GBK. Pas gw datang, gw merasa itu area gelap bangett.. Perasaan minggu kemarin gw datang gak segelap ini, dan ternyata pas hari itu listrik di area GBK lagi bermasalah.. Jadi anak-anak Wing Chun ini ga bisa latihan dan mereka ngumpul di depan Pintu 7. Untuuung mati lampu, jadi gw bisa nemuin mereka.. hahah.. Jadi sambil bergelap-gelap ria, gw ngobrol lah sama salah satu pelatih di TIMWC ini. Berikut rangkuman dari hasil percakapan yang gw dapet tentang beladiri ini:
Wing Chun itu beladiri yang diciptakan atau apalah namanya oleh seorang perempuan, jadi seharusnya cewe-cewe pada bisa beladiri ini. (Tapi kebanyakan anggota yang latihan sih cowok..). Nggak masalah kalo sebelumnya gak ada latar belakang beladiri lain, malah bisa jadi lebih bagus karena badannya masih rileks dan nggak kaku atau keras. Beladiri ini juga diadaptasi sama Bruce Lee, cuma dia agak dicampur sama teknik boxing. Teknik wing chun ini juga dibikin film loh, yaitu di film Ip Man.

Setelah ngobrol-ngobrol, gw diajarin teknik dasar dari Wing Chun. Pertama kali gw diajarin tentang kuda-kudanya.. Which is, buat amatiran kayak gw ini agak susah.. Kudu rileks.. Jadi posisinya itu kayak lagi duduk dimotor, dan harus rileks. Kalo posisi kuda-kuda lo udah bener, lo didorong pun gak jatuh.. Habis itu diajarin juga untuk ngerileks-in bahu dan ngarahin tangan ke tengah. Ini dasar untuk pukulan ataupun tangkisan.. Intinya haru rileks, bahu ga boleh ngangkat, dan harus di centre / tengah.

Ini Kuda-kudanya

Di pertemuan-pertemuan selanjutnya, yang diajarin makin banyak.. Ada cara pukulan, tangkisan, tendangan. Asik deh kalo udah bisa, kalo ngeliatin sifu dan pelatih lainnya, kayak hebat banget cuma ngegerakin tangan sedikit kayak ga pake tenaga aja lawannya udah kewalahan. Terus juga ada yang namanya Chi Sau. Ini kalo yang udah bisa dasar-dasar pukulan dan tangkisan, bisa belajar Chi Sau juga. Chi Sau dikenal juga dengan nama sticky hand, karena kunci dari Chi Sau ini ya harus nempel tangan sama tangan biar kita bisa ngerasain gerakan lawan dan bisa merespon dengan sigap. Anyway, ngomong sih gampang tapi pas prakteknya cuyyy.. Terus kalo lo udah pede, bisa juga ikutan turnamen-turnamennya lohh.. Gw sih belom pede ya,, hahaha.. Wing Chun juga ngajarin kita untuk lebih fokus dan bisa multi tasking.. Karena beberapa gerakan mengharuskan kita untuk menggerakan kaki, tangan, pinggang bersamaan.. Otak gw masih ngelag nih gara-gara dah terlalu lama ga olahraga.. hahah.. Bingung gonta-ganti tangan aja udah bingung,, Temen-temen yang lain sih keliatannya enak banget gerakannya luwes gituu..

Chi Sao
Oh ya, pertemuan pertama itu masih Free Trial. Yang berikutnya ada fee nya yaitu sebesar Rp.350.000 per bulan (Beda lokasi beda harga). Dan ini sebetulnya lo bisa ikutan latihan di cabang TIMWC manapun di Indonesia.. Di Jakarta aja sebenernya ada banyak, ada di GBK, Asmi, Kelapa Gading, dsb dsb. Tapi berhubung jam kerja gw lumayan padet, gw cuma bisa ikutan yang di GBK aja, jadi menurut gw ini agak mahal.. Soalnya cuma 8x pertemuan berarti sebulannya. 

Gw ikutan Wing Chun ini baru beberapa bulan dari sekitar April sampai Juli lah, habis itu gw memutuskan untuk berhenti dulu.. Bukan karena gak asik atau apa, cuma karena kondisi keuangan yang menyebabkan gw perlu memilih untuk tetep ikutan atau ngga.. Sampai kondisi perekonomian Indonesia membaik mungkin nanti gw ikutan lagi.. hahaha..


Untuk lebih lengkap mengenai Wing Chun dan TIMWC boleh cek websitenya langsung dan kontak ke sifu-sifunya :

(http://wingchun-jakarta.com/what-is-wing-chun/history-of-wing-chun/)

Ini lokasi yang di Jakarta:
  1. Atlantic Fitnes
    Sportmal / Mahaka Square Lt. 2 Kelapa Gading – Jakarta Utara
    Senin (19:00 wib) dan Jum’at (20:00 wib)
    Contact: 0878-8227-5145 (Whatsapp or SMS)
  2. Sanggar Ananda
    Pintu VII Gelora Bung Karno Senayan – Jakarta Selatan
    Selasa dan Kamis (19:00 wib)
    Contact: 0878-8227-5145 (Whatsapp or SMS)
  3. Sanggar Karang Anyar
    Jl. Karang Anyar Utara No. 3 Lt. 4 Mangga Besar – Jakarta Pusat
    Rabu (17:00 wib) dan Sabtu (15:00 wib)
    Contact: 0878-8227-5145 (Whatsapp or SMS)
  4. Sanggar Karang Anyar
    Jl. Karang Anyar Utara No. 3 Lt. 4 Mangga Besar – Jakarta Pusat
    Senin dan Kamis (18:00 wib)
    Contact: 0815-1188-2590 (Whatsapp or SMS)
  5. ASMI Gym
    Kampus ASMI, Jl. Pacuan Kuda Pulomas, Rawamangun, Jakarta Timur
    Senin dan Rabu (19:00 wib)
    Contact: 0813-8083-3825 (Whatsapp or SMS)

2 comments:

  1. wah wingchun emang jadi trend sejak adanya film IP man

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul-betul, abis nonton film Ip Man 3 jadi berasa mau ngelanjutin lagi belajar wing chun nya.. hehehe :)

      Delete