Wednesday, 30 December 2015

Jelajah Bandung: Kolam Pemancingan Cipaku

Hi semuanyaa...

Udah lama nih gw ngga update blog, tersibukkan dengan huru-hara kerjaan dikantor sebelum para klien pada cuti panjang dan dilanjutkan dengan liburan gw ke kampung halaman.. hehehe.. Postingan gw kali ini mau ngebahas soal liburan ke Bandung kemarin.. 

Jadi ceritanya gw mau ke Farmhouse yang katanya lagi ngehitz abis itu, katanya ada Hobbiton versi Lembang jadi kita ga usah jauh-jauh ke New Zealand kalo mau lihat rumahnya Frodo.. haha.. So, pagi pagi jam 7 gw udah  berangkat lah sama keluarga gw menuju Farmhouse, dengan harapan kalo orang-orang Jakarta jam segitu belum bangun.. Pas dari rumah gw yang di daerah Bandung Selatan sampai ke Setiabudi itu masih lancar jaya, tapi pas sampe Setiabudi tetiba mulai padat tapi masih bisa jalan lah at least. Semuanya masih lancar-lancar aja sampai tetiba mobilnya agak oleng gitu, terus kakak gw bilang koplingnya tetiba gak bener.. Abis diinjek ga bisa naik lagi koplingnya, karena agak was-was menepi dulu lah kita dan berusaha ngetes si kopling itu lagi.. Tetapi karena tetep ga bisa akhirnya kita memutuskan untuk puter balik lagi aja ke rumah daripada pas tanjakan ke atas kenapa-kenapa.. 

Pas kita puter balik, ponakan gw agak sedih lah karena gak jadi jalan-jalan padahal kemarennya dia udah seneng banget, dah gampang disuruh tidur cepet dan besoknya bangun pagi-pagi.. Akhirnya kita cari alternatif tadinya mau ke Ciwalk (mall) atau mau ke Cipaku (tempat mancing), karena Ciwalk udah sering dan karena kakak gw udah siap dengan kameranya jadilah kita pergi ke Cipaku buat mancing.. Cipaku ini sebetulnya hotel (The Cipaku Garden Hotel), tapi dia ada fasilitas kolam pemancingannya.. Letaknya di Jalan Cipaku Indah XI no 2.. Jalan buat ke Cipaku ini ngelewatin perumahan dan pas kemaren kita kesitu sih sepi banget ya jalan kesananya.. Jalan dari parkiran ke tempat mancing deket kok cuma ngelewatin tangga sama jembatan sedikit aja..

Cipaku - Entrance
Sesampainya di termpat pemancingan tuh masih kosong banget, belum ada orang lain yang mancing juga.. Kita langsung pinjem pancingan dan umpannya.. Pancingannya itu pancingan jadul yang ga ada tuas buat muterin talinya jadi harus narik manual pakai tangan.. Kita pinjem pancingan itu Rp.5000 per pancingan, kalo umpannya Rp 3000 per kantong

Cipaku - Kolam Pemancingan
Gw baru kali ini mancing, jadi gw ngeliatin dulu kakak sama bokap gw yang udah pernah mancing.. Setelah setengah jam-an kayaknya gak ada yang bergeming itu pancingannya.. Kita jadi berasa cuma ngasih makan ikan doang gitu lah.. hahaa.. Pas pancingan bokap gw bergerak pas ditarik ternyata cuma anak ikan yang masih kecil banget yang akhirnya kita lepasin lagi.. Gw pun gatel kepengen nyoba juga, pas coba sendiri gw juga cuma mengalami hal yang sama kayak yang lainnya, duduk termenung memandangi kail.. *hiks* 

Pas udah mulai frustasi gak dapet-dapet ikan dan sudah berencana menyerah, kita disamperin lah sama mas-mas yang jaga kolamnnya, terus kita diajarin cara mancing yang bener.. Ternyata, kita ngelemparnya kurang jauh dan terlalu cepet-cepet pas nariknya.. Jadi kalau mau ngelempar kailnya itu, tangan kanan pegang pancingan, tangan kiri pegang tali, terus diayun lurus ke arah yang mau dituju, terus pas kita lempar tangan kiri yang megang tali juga ngelepasin barengan.. Ini dijelasin sambil si mas nya dengan mudah memperagakannya.. Pas nyoba sendiri mah haduhhh sulitt jatuh di area yang deket lah, kelempar ke atap lah, nyangkut di besi lah, talinya keinjek lah dst dst banyak deh kendalanya pas nyobain sendiri mah.. *amatir banget*. 

Cipaku - Kolam Ikan Mas
Setelah sesi belajar melempar, kita diajarin timing buat narik pancingannya.. Jadi katanya kalau baru bergerak-gerak sedikit ga usah ditarik.. Itu berarti yang makan umpannya cuma ikan-ikan kecil, kalau ikan yang besar pasti si pelampungnya itu tenggelam.. Pas si pelampungnya tenggelam, kita sentak lah si pancinganya dan baru tarik deh ikannya... Daaann lagi-lagi ini hanya suatu teori yang mudah diucapkan tetapi sulit untuk dipraktekan.. haha.. Kurang disentaklah, kecepetan lah, pokoknya ada tantangannya tersendiri lagi deh.. 

Karena kita ga bisa-bisa, si mas-mas ini bergeserlah ke tamu lain yang pas saat itu sudah mulai berdatangan.. Dan kita berkutat sendiri lah berbekal dengan teori yang sudah diajarkan oleh si mas tadi. Setelah mencoba sekian kali melempar pancingan, akhirnya gw berhasil agak mencapai ke daerah tengah kolam.. Pas gw lagi kegirangan bisa nyampe tengah kolam, tetiba pelampung di pancingan gw bergerak-gerak dan tenggelam! Whoooo itu rasanya kaget bercampur girang deh, hahahha.. Dan pas narik ikan ternyata agak deg-degan takut lepas dan gw ga paham gimana cara nariknya secara ga ada tuas buat muterin benangnya.. Karena panik, excited, dan takut ikannya lepas reflek lah nariknya di lilitin ke tangan gw dan si mas-mas yang tadi ngajarin kita cuma keketawaan sambil bilang, " itu jangan dililit ke tangan atuh, ditarik aja.." hahha.. Setelah huru-hara paciweuh narik ikan, akhirnya ketangkeplah ikannyaa.. yeaayy.. Well, yang gw dapat cuma ikan mas doang sih.. Tapi anyway, tetep seneng kok dapetin ikannya.. Ada sensasi tersendiri.. Abis gw puas udah dapat ikan gw melipir lah ketempat nyokap dan kakak gw yang lagi nyemil pisang goreng dan tahu tempe.. Dan ternyata kakak dan bokap gw juga udah dapat ikan totalnya udah dapat 3 ikan.. Jadi gw bertekad udahan mancingnya daripada kita makan ikan terus berhari-hari.. 

Lempar Pancingan - Nunggu Umpan Dimakan - Dapat Ikan Mas!
Habis gw ikutan nyemil sama nyokap dan kakak gw, gw samperin lah bokap gw yang masih berusaha mendapatkan ikan lainnya.. Dia ini mancing di kolam yang isinya bawal sama patin.. Orang-orang yang mancing di kolam ini kelihatannya lebih well prepared, mereka juga bawa pancingan sendiri yang lebih canggih.. Sambil ngeliatin bokap gw mancing orang-orang disebelah itu lagi ngomongin ikan di kolam yang ini lebih galak-galak.. Gw langsung cengo aja pas mereka bilang gitu, secara tadi narik ikan mas aja gw udah bak bik buk.. Gimana narik ikan yang di kolam ini.. haha..
Pas nungguin bokap gw, gw kepengen nyobain ngelempar pancingannya lagi.. Tapi bokap gw bilang, "ngapain pake cara lempar begitu, yang simple aja.." sambil dia megang ujung kail yang udah ditempelin umpan dan melemparnya ketengah kolam macam lagi lempar batu aja.. Daann sampai.. Ternyata ga perlu ribet diayun-ayun segala macem ya.... hahha.. 

Setelah dia ngelempar kailnya dia kasih lah itu pancingan ke gw dan dia melipir ke tempat nyokap gw buat istirahat dulu. Sambil megangin pancingan yang somehow gw yakin gak bakalan dapet apa-apa itu, gw ngeliatin orang-orang disekitar gw yang lagi pada mancing sama anak-anak yang lagi pada main-main di pinggir kolam.. Tetiba gw berasa pancingan gw ada yang narik gitu.. Spontan lah gw ngeliat kearah pelampungnya dan ternyata lagi bergerak-gerak dan tetiba tenggelam.. Refleks lah gw tarik itu pancingan.. Dengan berbekal info dari mas yang tadi bilang jangan dililitin ke tangan, gw tarik perlahan-lahan lah itu talinya.. Tapi ternyata pas gw tarik pancingan gw berasa ditarik balik.. Mulai panik lagi lah gw, ini nariknya bener ga sih apa gw salah cara nariknya lagi ya.. Sambil mikir dan sambil teriak manggilin bokap gw, gw tetep berusaha narik sekuat tenaga sampe mundur-mundur dan tangan agak ledes panas kena talinya. Akhirnya sampailah si ikan di pinggir kolam dan dibantu sama bapak-bapak di sebelah gw buat masukin ke jala.. Ternyata yang gw dapet ikan patin dengan berat 1.1 kg.. "Wahh patin ini patin, gedee!" "Ini patin yang udah lama di kolam ini, baru dapet sekarang" kata si bapak sebelah gw yang ternyata juga penjaga kolam. Bokap gw juga langsung teriak ke arah nyokap dan kakak gw, "Dapet ikan patin nihh ikan patin". Gw yang saat itu gak paham ya cuma seneng aja gw dapat ikan lagi.. Yang ikan patin ini gw gak sempet foto karena saat itu semua orang sedang berkutat sama ikannya masing-masing.. Jadi total kita dapat 1 Patin, 2 Mas, dan 3 Bawal.. Lumayaann laaahhh :)

Selanjutnya tentang Cipaku bakalan gw post di postingan terpisah yaa, secara yang ini dah panjang banget kayaknya.. hehee.. See ya!

No comments:

Post a Comment