Wednesday, 2 December 2015

Jelajah Jakarta: Pulau Seribu (Pulau Kelor, Pulau Onrust & Pulau Cipir)

Hey hey hey semuanyaa..

Ini postingan sebenernya dah lama pengen gw post.. Tapi gegara nungguin fotonya dikirim dari kakak gw so baru sekaranglah gw post..

Jadi ceritanya pas bulan Oktober kemarin ini, gw dan kakak gw iseng-iseng ikutan tour yang one day trip. Maunya sih ikut yang ke Bromo, Dieng, dan sebagainya tapi karena hari libur gw cuma sehari doang jadinya kita ikutan yang one day trip dan yang paling murah aja yaitu ke Pulau Seribu (Pulau Kelor, Onrust, dan Cipir).. haha.. Karena gw juga belom pernah ke pulau-pulau itu, jadi gw ikutan aja, lumayan biar ga suntuk.. Paketnya include kapal, makan siang, air mineral 600 ml, satu foto polaroid, retribusi tempat wisata, sama Tour leader. Waktu itu gw ikutan Shine Tour, buat lebih detailsnya bisa diliat disini: http://www.shinetourtravel.com/405839402

Ini Kapalnya, K.M. Putra Kamal Dua
Pas sehari sebelum hari H, kita di kirimin whats app sama tour guidenya katanya ngumpulnya di Gedung Pelelangang Ikan (Pasar Ikan Muara Kamal). Terus ada notes dibawahnya kalo nyari di GPS cari aja ke SMPN 120 Kamal Muara. So, pas hari H gw dan kakak gw nyewa ojek online pagi-pagi dan minta dianterin kearah SMPN 120 Kamal Muara.. Jauh bangeet cuyy..Gw dan kakak gw berangkat dari Pulo Gadung sampe ke SMPN 120 ini kayaknya sejam mah ada lah.. Sampe cape duduk terus.. Sesampainya di SMPN 120, gw turun dulu lah tadinya gw mau nanya kakak gw dari sini kita ke arah mana.. Eh ternyata kakak gw salah paham dan mengira kalo kita udah sampe ke tempat yang dituju dan langsung bayar abang ojek nya.. Karena gw kira kakak gw udah tau jalan dan mungkin emang kumpulnya deket situ, jadi gw ikutan bayar aja.. Setelah ojek-ojeknya pergi, kita baru sadar kalo Gedung Pelelangannya masih harus jalan lagi.. Tour guide nya bilang sih masih jauh, tapi ternyata cuma sekitar 10 menit lah jalan dari SMPN 120 ke Gedung Pelelangan Ikannya, cuma jalanannya becek banget.. Sesampainya disitu, kita langsung ngumpul sama rombongan tournya.. Ada sekitar yahh 30 orangan lah di satu grup itu kemarin.. Setelah semuanya kumpul, kita jalan ke arah kapal dan langsung naik ke kapalnya.

Pulau pertama yang kita datangi yaitu Pulau Kelor. Disini ada sisa-sisa benteng peninggalan jaman Belanda. Disini kita dikasih waktu 1 jam buat keliling-keliling, foto-foto, main air, dan lain sebagainya. Bebas deh pokoknya.. Pas kita turun dari kapal, gw ngeliat ada hape orang yang jatuh ke air donggg... Langsung shock gw.. Dan si tour guide langsung panik dan minta tolong bapaknya buat menyelam dan ngambilin hapenya.. Tapi orang yang hapenya nyemplung itu nampak tenang-tenang aja, bahkan dia ga nungguin sampe hapenya ketemu.. Kalo gw kayaknya gw dah nangis-nangis dipinggir kapal.. Hikss.. Daripada gw banyak omong, mendingan untuk kali ini biarkan foto yang berbicara.. hahaha.. Bagus-bagus, asik banget buat foto-foto disini, pas lah buat manusia-manusia narsis yang kekinian hahahaah..



Pulau Kelor (1)

Pulau Kelor (2)

Pulau Kelor (3) : Lagi pada nongkrong sambil mancing


Pulau Kelor (4)
Selanjutnya kita ke Pulau Onrust, disini dulunya kompleks untuk calon-calon Haji.. Terus ada juga penjara dan kompleks pemakaman.. Agak horor juga sih.. Sampe sini, kita diajak keliling sama lokal tour guidenya yang nyeritain tentang pulau ini pernah hancur beberapa kali karena bencana alam, dibangun lagi, hancur lagi, dan sekarang hanya dijadikan objek wisata.. Sehabis keliling, kita makan siang di sini.. Lumayan dapat nasi kotakan isinya nasi, ayam, tahu, tempe.. Terus disini juga ada warung yang jualan es kelapa, wihh seger banget dehh... Pas kemaren datang ke Pulau Onrust, lagi ada pembangunan gitu.. Mungkin lagi ada yang dibenerin fasilitas-fasilitasnya.. Diantara tiga pulau yang kita datangin, menurut gw pulau Onrust ini yang paling panaass... Entah karena kita datangnya pas jam 12 siang atau memang disini panas banget.. Entahlah..


Pulau Onrust (1)

Pulau Onrust (2)


Pulau Onrust (3)
Habis puas makan siang, kita lanjut lagi ke Pulau Cipir, katanya dulu ini kompleks rumah sakit. Ini pulau paling adem dari tiga pulau yang kita datangin.. Anginnya enak sepoi-sepoi.. Disini juga lagi ada pembangunan gitu.. Kita dikasih waktu hampir 2 jam buat main di Pulau Cipir, cuma objek fotonya ga terlalu banyak juga.. Berhubung lagi berhalangan buat main-main air, jadinya gw dan kakak gw cuma keliling foto-foto bentar sekitar sejam habis itu kita melipir ke salah satu bale-bale dan tidur siang disitu.. Ini best nap of the year banget.. Angin sepoi-sepoi, udara seger, adem, wahh enak dehh..


Pulau Cipir (1)


Pualu Cipir (2) View dari bale-bale tempat tidur siang

Pulau Cipir (3), view dari menara
Sooo dari tiga pulau ini, menurut gw yang paling oke buat foto-foto tetep si Pulau Kelor dengan bentengnya itu sih.. Oh ya, di Pulau Kelor ga boleh manjat bentengnya ya.. Gw ga baca tulisannya karena gw datangnya dari arah belakang, dan tulisan ga bolehnya ditulis di bagian depan doang.. Pas turun dari benteng, terus ada orang-orang lain yang lagi manjat dimarahin sama petugasnya disuruh turun.. Kayaknya karena ini termasuk salah satu cagar budaya jadi ga boleh naik-naik, takut rusak juga kalau semua orang pengen naik..

Oh ya, hasil dari ngobrol-ngobrol sama tukang Indomie di Gedung Pelelangan, kalo mau nyewa kapal sendiri juga bisa.. Katanya harganya cuma sekitar Rp.900.000 buat satu kapal.. Satu kapalnya sendiri bisa nampung sampai 30 orang dan udah include keliling ke 3 pulau.. Jadi kalo lo niat ngumpulin orang sendiri ini harganya bisa jauh lebih murah.. Tapiii pas kemaren itu gw lupa gak minta nomor kontak bapaknya atau yang punya kapalnya.. hehe :p


Foto polaroid (di Pulau Cipir)

Hasil jalan-jalan seharian.. :D
Intinya, hepi banget gw jalan-jalan seharian kemaren ini.. Walupun jadi ndekil n ndekumel, tetep asik jalan-jalannya.. Ngilangin kebosanan dari ngeliatin gedung-gedung dan berada di dalam kubikal seharian.. Well anyway, waktunya kembali bekerja guys.. Kumpulin uang buat jalan-jalan lagihh.. Cuss!



No comments:

Post a Comment