Monday, 18 January 2016

Bagi-Bagi: Pengalaman Donor Darah

Hai semuanya, kali ini gw mau bagi-bagi pengalaman donor darah. Bukannya mau pamer atau apa, tapi gw merasa banyak banget orang yang takut buat donor darah, padahal manfaatnya banyak banget loh.. Baik buat yang medonorkan ataupun yang menerima.. 

Jadi ceritanya kemaren ini gw mau pergi ke Senayan City buat donor darah, harusnya jadwal gw donor itu pas bulan Desember (Jeda antara donor darah paling sedikit 3 bulan).. Tapi pas waktu itu gw lagi datang bulan so ga boleh donor dulu.. Pas abis selesai, ehh malah flu berat, jadi ga bisa donor lagi.. So, setelah semua halangan itu berlalu, kemaren ini gw memutuskan buat donor lah.. Gw ngajakin dua temen gw buat ikutan ke Senayan City juga, lumayan lah biar ada yang nemenin sama sharing ongkos taxi.. hehehe.. Ternyata stemen gw juga tertarik mau donor darah, cuma selama ini setiap dia mau donor selalu ditolak.. 

Ini gw share ya syarat"nya supaya diterima donor darah:


1. Sehat jasmani dan rohani

2. Usia 17 sampai dengan 65 tahun.
3. Berat badan minimal 45 kg.
4. Tekanan darah :

    - sistole 100 - 170

    - diastole 70 - 100

5. Kadar haemoglobin 12,5g% s/d 17,0g%

6. Interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 5 kali dalam 1 tahun)

Oh ya buat tambahan, kalo buat cewe ga boleh pas lagi hamil atau pas lagi datang bulan juga ya..

Lebih lengkapnya bisa dilihat di websitnya PMI DKI Jakarta :
http://pmidkijakarta.or.id/pelayanan.php?id=19#.VppGlvl95dg

Biasanya kalo mau donor darah, semalemnya gw tidur yang cukup (gak begadang kayak biasanya.. hehehe) biar tensi / tekanan darahnya bagus.. Sama makan yang cukup pastinyaa..

Sampe di Senayan City, kita makan siang dulu karena sudah lapar dan mencegah kekurangan tenaga setelah donor (alasaannn.. :p). Sambil makan kita ngobrol-ngobrol lah, dan sampe ke omongan tentang si donor darah ini.. Kata salah satu temen gw, kalo donor bisa ngilangin jerawat, bikin kurus, dsb dsb.. Dia yang bilang tapi dia sendiri ga berani donor.. Well anyway gw ga berani nge push orang yang takut donor buat ngedonorin darahnya.. Soalnya, kalo orangnya takut, otomatis tangannya gak relax pas proses donornya, alhasil darahnya lama banget buat ngalirnya dan tangan bakalan jad biru.. (Pengalaman waktu ngajakin temen pas SMA, dan sejak itu gw ga maulagi buat ngajakin yang ga berani.. hahaha). So, intinya kalo mau donor harus ikhlas dan ga boleh takut.. Kudu relax supaya darahnya bisa ngalir dengan lancar ke dalem kantongnya..

Kembali ke manfaat donor yang tadi temen gw omongin.. Karena mau membuktikan omongan temen gw, mulailah gw meng google manfaat donor darah. And I found this:

Kalo kata PMI :
1. Menjaga kesehatan jantung
2.Meningkatkan produksi sel darah merah
3.Membantu menurunkan berat badan (Yeay!)
4.Mendapatkan kesehatan psikologis
5.Mendeteksi penyakit serius 

Kalo Kata www.manfaat.co.id :
  1. Melindungi jantung
  2. Menurunkan resiko terkena kanker
  3. Membantu menurunkan level zat besi dalam darah
  4. Pembaharuan sel-sel darah secara rutin
  5. Pemeriksaan kesehatan gratis
  6. Mendapat pemeriksaan analisis darah secara gratis
  7. Membakar kalori secara teratur
  8. Keadaan psikologis lebih stabil
  9. Mencegah penuaan dini :D


Manfaat Donor Darah

Ternyata yang di omongin temen gw ada benernya juga ya.. Makin semangat aja gw donor.. Awal" gw donor tujuan gw cuma buat ngumpulin stempel.. Ga ngerti juga buat apaan tapi seneng aja ngumpulin cap, macam pas jaman TK dulu gitu dehh.. hehee (gak mulia banget ya tujuannya..). Terus abis itu jadi kebiasaan aja..

Setelah selesai makan, kita langsung menuju ke Unit Donor Darah yang ada di Senayan City, lokasinya di lantai paling bawah yang deket X KTV (tempat karaoke), lurus dikit ke arah ATM Centre terus belok kanan.. Nahh disitu ada ruangan kecil buat Donor Darah yang buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 4.30 sore.. Kalo pertama kali donor disini, kita harus isi form identitas, terus pernyataan pernah sakit apa aja, berat badan, dll dll.. Abis itu nanti kita di cek tekanan darah sama hb nya, kalo semua kualifikasinya lolos, baru deh kita boleh donor.. Setelah donor, kita dikasih kartu gitu jadi buat next donor tinggal kasihin kartunya, ga perlu pake isi-isi form lagi..

Ditempat ini ada 2 kursi buat donor darahnya, dan petugas yang ambil darahnya duduk ditengah.. Jadi ada yang kebagian diambil dari tangan kiri dan ada yang kebagian ambil dari tangan kanan. Kata ibu yang tadi ngambil darah bilang, kalau perempuan kebanyakan ga bisa diambil dari tangan kiri (lebih susah diambil maksudnya). Jadi pas gw mau duduk langsung ditanya, kamu bisa diambil dari tangan kiri? Berdasarkan pengalaman gw sebelum-sebelumnya sih gw bisa-bisa aja diambil darahnya dari tangan kiri atau kanan, jadi gw bilang iya aja.. Dan ternyata puji Tuhan memang bisa.. hehehe..

Goody Bag
Temen gw juga ternyata lolos kualifikasi dan akhirnya dia bisa donor darah juga, haha.. Baguslah dia gak takut jadi proses ngambil darahnya lancar-lancar aja.. Kalo buat gw secara pribadi, abis donor itu biasanya sih gw ga pusing atau lemes, tapi yang pasti gw jadi kelaparan banget.. haha... Setelah selesai donor, kita dikasih goody bag yang isinya macem-macem.. Yang kali ini gw dapat teh kotak, mr.jussie, malkist, tim tam, aqua botol, sama botol minum! Jarang-jarang loh dapet botol minum, biasanya cuma snack" aja, tapi pas kemaren ini kayaknya lagi ada sponsor dari perusahaan teretntu deh jadi kita dapat botol minum cantik.. lumayaan.. 



No comments:

Post a Comment