Sunday, 10 April 2016

Bagi-bagi: Persiapan Berangkat ke Australia (Work and Holiday Visa, Part 2)

Halooo semuanya..

Kali ini gw mau ngelanjutin pembahasan tentang Work & Holiday Visa. Di postingan sebelumnya kan gw udah ngebahas tentang cara ngedapetin visa nya.. Nah sekarang ceritanya, gw mau sharing tentang persiapan berangkatnya..

1. Tiket Pesawat


Oke, yang pertama gw lakukan setelah granted visa waktu itu sih cari tiket pesawat.. Yang pastinya sudah menentukan kota yang dituju dulu yaa.. Gw sendiri waktu itu milih Perth, kenapa? Karena di Perth itu masih kebagian 4 musim, tapi ga se ekstrim di daerahnya Melbourne sana yang bisa 4 musim dalam sehari.. hahaha, kampung banget ya alasan gw? Anyway, I bought the ticket already :D




Jadinya gw beli tiket pas Garuda Travel Fair.. Kenapa Garuda? Ambeh gaya weh hahahha, dan karena dia ada penerbangan yang ga pake transit-transit disana-sini jadi dari Jakarta langsung sampe ke Perth. Oh ya, selain karena alasan diatas, gw juga beli tiket ke Perth karena dia paling murah diantara option yang lain (pilihannya di Garuda Travel Fair kemaren cuma Perth, Melbourne, Sydney)

2. Tempat Tinggal

Setelah tau mau berangkat kapan dan ke kota apa, kita perlu cari juga nanti mau tinggal dimana. Tadinya gw mau cari-cari hostel dulu buat beberapa hari pertama abis itu mau jalan keliling cari kos-kosan gitu.. Tapi ternyata ada temennya kakak gw yang punya kosan di Perth, walaupun lokasinya di suburb bukan di city nya tapi yang penting buat pertama-tama gw ga pusing-pusing cari-cari lagi.. 



3. Bank Account


Ini salah satu yang bikin gw mantengin laptop berjam-jam dan akhirnya memutuskan buat pake Commonwealth Bank. Karena paling banyak dipake sama temen-temen gw.. Jadi kalo ada yang ga ngerti semacam buat superannuation atau apalah nanti gw bisa tanya-tanya mereka. Sebetulnya Commonwealth ini ada Monthly Fee sebesar $4 /bulan kecuali kalau ada deposit sebesar $2000 per bulannya. Tapii kalau lo buka account nya dari overseas (sebelum sampe Australia) nah si monthly fee selama setahun bakalan di hapuskan juga. Jadi gw buka accountnya pas di Indonesia. Kita juga bisa transfer dulu ke nomor rekening ini, jadi pas berangkat ga bawa cash terlalu banyak,, Tapi ya bakalan kena receiving & admin fee.. Kalau ditotalin gw kemaren transfer kena lumayan gede sih sekitar $30 buat transfer (Kurang lebih detailsnya begini $6 Transfer fee dari bank di Indonesia, $11 receiving fee, $13 admin fee). Ga wajib diisi dulu sih, maksimal sekitar 3 minggu kalo ga salah. Oh ya, account ini udah bisa nerima transferan tapi belum bisa mau transfer keluar belum bisa ya.. Harus diaktivasi dulu dan ambil kartunya di cabang yang ditentukan dan dipilih, jangan lupa bawa printout reference letter dari banknya. Aktivasi perlu dilakuin within 3 months dari pertama buka.

Sebenernya banyak juga bank lain yang menarik kayak NAB yang ga ada monthly fee nya sama sekali, atau Citibank yang Transfer Fee nya rendah.. Cuma akhirnya gw pilih Commonwealth ya karena lebih umum aja.. hahaha

Oh ya update baru, karena gw buka udah dari 2 mingguan sebelum berangkat jadi pas sampe Perth kartunya udah langsung jadi. Ga usah nunggu seminggu lagi kayak temen-temen gw yang baru buka pas udah sampe Australia.

4. Police Clearance

Sebenernya gw belum tau ini perlu apa ngga, tapi buat jaga-jaga gw buat aja dulu si SKCK ini.. Prosesnya lumayan panjang sih dari RT minta surat rekomendasi nanti ke Keluarahan, Polsek, Polrestabes, dan Polda.

Yang perlu disiapkan (lebihan aja siapinnya):
* Pas Foto ukuran (4x6) latar belakang merah, yang ini agak banyak di polrestabes sama polda aja minta masing-masing 4 mah ada
* Pas Foto ukuran (2x3 atau 3x4 --> lupaa)
* Foto Copy Passport (2)
* Foto Copy KTP (2)
* Foto Copy KK (2)
* Foto Copy Akte Lahir (2)

6. Packing


Buat packing tergantung mau kemana dan pas sampe lagi musim apa.. Sebenernya kalau mau simple, bawa seadanya aja nanti beli disini.. Cuma kan image nya berasa mahal ya kalau belanja disini, jadi gw sih bawa perlengkapan secukupnya juga semacem sabun, shampoo, sikat gigi, odol, dsb dsb. Oh ya buat yang cewe bawa juga pembalut karena katanya di Australia lumayan mahal harganya.. Jangan bawa produk makanan yang turunan dari susu kayak keju dan sebagainya.. Sama tanaman-tanaman gitu juga katanya ga boleh.. Nanti bakalan di cek sama pihak bandara di Australia nya

7. Dan lain-lain :)

Siapin juga mental dan fisik.. Karena kerjaan di Australia bakalan lebih berat daripada di Indonesia.. Well, tergantung juga sih di Indonesia lo pernah kerja sebagai apa,, Kalo gw yang selama ini cuma duduk manis didepan komputer sih kayaknya bakalan butuh latihan fisik yang lebih.. Jadi gw mulai jalan pagi biar ada olahraganya dikit.. Habis itu siapin juga CV buat nanti mau apply kerja.. Atau ya lebih bagusnya udah dapat kerja dari pas sebelum berangkat.. Hmm, kurang lebih ini sih yang gw siapin buat berangkat ke Australia, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment