Monday, 2 May 2016

WHV Story: Minggu Pertama di Australia

Day 1

Hari pertama datang, gw langsung dijemput sama temennya kakak gw yang memang udah tinggal cukup lama di Perth. Karena mereka juga punya kamar kosong, jadi untuk awal-awal gw tinggal disana dulu sambil cari-cari lagi nantinya. Sebetulnya gw termasuk orang yang beruntung banget karena masih ada yang jemput di bandara dan langsung ada tempat tinggal yang aman dan nyaman banget, banyak perantau lainnya yang pas nyampe bener-bener sendiri..

Sesampainya dirumah, gw langsung diajak makan bareng sama mereka.. Habis makan langsung beberes barang dan mandi. Malemnya gw langsung online buat ngerjain apa yang perlu gw selesaikan begitu sampai di Australia ini. Contohnya, apply TFN. Ini sejenis NPWP kalo di Indonesia, cuma bisa dibuat setelah kita sampai di Australia. Habis apply TFN gw juga langsung buka web-web buat cari kerja, sebetulnya gw udah mulai cari-cari kerja dari di Indonesia. Tapi kebanyakan mintanya yang langsung bisa mulai saat itu juga, jadi lamaran kerja gw di regret semua.. Yah, ga semua sih.. Beberapa ga direspon.. hahaha.. Gw juga langsung download app Gumtree, karena gumtree australia ini cuma bisa di download setelah sampai di negara ini.


Pemandangan depan kamar, kecee banget
Day 2

Gw diajak ke mall sama temen kakak gw buat belanja kebutuhan sehari-hari. Ternyata di Australia ini mall nya ga sekece mall-mall di Jakarta. Well, gw ga foto-foto mallnya sih.. Tapi ini mall simple banget paling cuma 2 lantai, lantai pertama toko-toko lantai kedua bioskop. That's it, simple banget kan? Dan penampilannya pun ga semewah mall di Jakarta macam Plaza Senayan, Grand Indonesia, dan lain sebagainya.. Disini gw beli bahan makanan buat masak semingguan, sama beli Sim Card yang cara pilih nomor dan aktivasinya agak berbeda sama di Indonesia. Jadi pas beli itu, ga ada pilihan nomor telponnya.. Pilih aja mau yang sim card only (sekitar $2) atau yang udah ada isi pulsanya (mulai dari $30 kurang lebih), waktu gw beli itu lagi ada diskon 50% jadi gw beli yang isi $30 dengan harga $15.. Lumayaan.. Cara aktivasinya sendiri itu kita harus masuk ke webnya, isi data-data abis itu baru milih nomor telpon yang ada pilihannya di web terus pilih paketnya. Oh ya, katanya kalo kita ganti provider kita ga harus ganti nomor telponnya loh.. Jadi tinggal Migrate aja dari provider A ke provider B, ga usah ribet ngasih tau temen kalo kita ganti nomor hp. Flexible banget..


Pertama kali belanja bahan masak buat makan semingguan (lebih malah)

Day 3
Dimulai dengan kegalauan.. Mulai bingung mau kemana, ngapain, kapan, dsb dsb.. Online cari kerja seharian tanpa hasil,, Chatting sama temen-temen yang ada di grup anak-anak WHV pada bilang langsung aja sebar CV ketempat yang diincer. Gw kebetulan tinggal di suburb, agak jauh ke city.. Disekitar gw yang gw liat itu cuma rumah-rumah penduduk, semacem komplek perumahan versi besar yang orang-orangnya jarang banget keliatan.. Disitu gw mulai merasa stress, duh gw gimana mau nyebar CV kalo sekitaran gw isinya rumah semua.. Gw harus ke city nih, tapi gimana caranya ke city.. Karena ga enak kalo minta tolong sama temennya kakak gw, jadinya gw buka google map buat cari jalan dari rumah ke city. Ternyata tinggal naik kereta aja dari station terdekat.. Tapi dari rumah ke station itu cukup jauh sekitar 3.3 KM, ada dua pilihan buat sampai ke station terdekat, yang pertama naik bus yang kedua jala kaki. Saking parnonya gw takut naik bus sendirian di negara orang, dan ga tau harus pakai kartu atau ngga jadinya gw jalan kaki ke station. Pilihan bodoh.. hahaha..Sebelumnya gw udah cari-cari tentang kartu buat naik bus dan kereta, namanya Smartrider dan itu bisa dibeli di station terdekat. Jadi gw jalan kaki sampai station, terus beli kartu itu dan langsung balik ke rumah karena udah sore banget dan hujan pula.. Pulangnya gw nyobain naik bus untuk pertama kalinya. Ternyata, ga harus punya kartu untuk naik bus itu.. Bisa juga beli tiket sama sopir busnya pas naik, terus bayar cash.. hahahaha.. Anyway, at least gw udah tau berapa lama kalo jalan kaki dari rumah ke station kereta. 45 menit!


Smartrider Card


Day 4
Setelah punya kartu buat naik bus dan kereta, dan setelah nyobain naik bus kemarin, hari keempat ini gw lebih pede. Gw langsung naik bus dari rumah ke station, dan naik kereta ke city. Rencananya hari ini gw mau ketemu sama temen dari gru WHV yang nitip barang dari Indonesia. Karena gw belum pernah ketemu sama mereka, gw pikir paling ntar cuma kasihin barang dan udah deh pisah aja dan kembali melakukan pekerjaan masing-masing, Beruntung ada satu yang mau nemenin gw keliling city, jadi dia nemenin gw ke Library buat print CV, terus nemenin juga ke KJRI buat lapor diri. Lucky me! Jadi gw ga nyasar deh hari itu, yeay! Oh ya, sebelum ketemuan sama mereka gw juga sempet ke bank dulu buat aktivasi bank account gw. Karena gw udah buat dari sebulan sebelum sampai di Australia, jadi debit card / ATM gw udah langsung jadi dan bisa langsung diambil dan dipakai. Kalau temen gw yang baru bikin pas sampai di Australia, harus nunggu sekitar 2 mingguan baru dapat kartu ATM nya.
Setelah dari KJRI, temen gw itu harus meninggalkan gw karena dia mau kerja.. Jadi gw sendirian deh mau nyebar CV, ternyata Tuhan berkehendak lain, gw dikasih temen lagi buat nyebar CV. Yeay! Ada temen dari grup WHV juga yang ternyata rumahnya deket KJRI, dan dia juga lagi mau cari kerja.. Jadi kita bertiga nyebar CV bareng-bareng.. Jadi malunya ga sendirian, hehehe..
Nyebar CV ini salah satu kegiatan yang ga pernah kepikiran gw lakuin selama di Indonesia. Mana ada coba dulu gw cari kerja dengan cara seperti ini, dulu cuma kirim email atau online assessment dari website perusahaannya. Exciting iya, agak malu-malu iya, harap-harap cemas juga iya, hahah campur aduk deh.. Hasil hari pertama nihil, ga ada yang ngegubris CV yang kita kasihin. No worries, there are still a lot of places to go. Walaupun kerjaan ga dapet, tapi kita dapat es krim gratisan dari Ben & Jerry's karena kebetulan hari itu lagi Free Ice Cream Day!! Yippieee, how lucky I am :D


Ngantri Free Ice Cream :)

Day 5
Karena hari sebelumnya belum dapet kerjaan, hari kelima ini gw ke city lagi buat nyebar CV lagi. Sama salah satu temen gw yang kemaren nyebar CV juga. Ternyata hari kelima ini juga belum menghasilkan apa-apa.. Jadi sudahlah, kita sekalian jalan-jalan keliling kota.. Lumayan, cuci mata liat bule tampan yang kerja di Gym sampai yang lagi shooting di Elizabeth Quay.. Hahahha...


Pemandangan Pas makan siang dipinggir sungai
Langley Park
Elizabeth Quay


Elizabeth Quay 2

Day 6
Hari ke enam ini mulai desperado, karena belum dapet-dapet kerjaan.. Hari ini gw akhirnya ketemu sama temen WHV yang lain lagi, dan dia ngajakin buat nyebar CV nya di Victoria Park instead of di city.. Jadi, gw ngikut-ngikut aja karena ga tau mau kemana.. Temen gw ini lagi kerja jadi Aupair (ngurusin anak-anak) tapi sebentar lagi kontraknya habis, jadi dia mau cari kerjaan baru. Begitu sampai di Victoria Park, yang gw liat tempatnya sepi banget.. Padahal temen gw bilang disini bakalan banyak resto-resto gitu.. Setelah liat map, ternyata gw salah belok hahaha.. Arah yang satu lagi memang banyak resto-resto. Resto pertama yang gw masukin pas sambil nunggu temen gw datang dengan ketus menolak dan bilang ga perlu! Fiiinneee.. Woles kali bu.. Terus resto sebelahnya ada tulisan lagi butuh wait staff, so gw masukin CV kesana.. Begitu temen gw datang, kita mulai lah masuk ke resto-resto lain buat drop CV.. Resto pertama ga ada orang yang jaga, kita teriak-teriak permisi ga ada yang jawab, pencet bel juga ga ada respon.. Jadi kita pindah ke resto lainnya. Nah, di resto kedua ini ternyata langsung dijawab:
Owner: Ya, kita memang lagi butuh orang tapi cuma satu. Kalian yang apply berdua, gpp nih?
Kita: ya, ngga apa-apa..
Owner: Oke, coba kasihin CV nya
Temen gw: Tapi saya baru bisa mulai sekitar minggu depan soalnya masih aupair sekarang
Owner: Oo oke.. *sambil baca CV (dia liat di CV temen gw ada sertifikat RSA dan gw ga ada)* Lo punya RSA *sambil liat gw*
Gw: Belom punya
Owner: Ok, yaudah ini gw keep dulu ntar gw kabarin ya
Kita: Ok, terima kasih..

Abis dari situ, kita ke resto sebrangnya yang lagi buka lowongan tadi terus temen gw drop CV juga disitu. Habis temen gw drop CV kita kan mau jalan lagi, tetiba ada yang teriak manggil "Hey! Hey"
Awalnya kita ngga ngeh itu manggil kita, jadi tetep jalan aja.. Terus diteriakin lagi, jadi kita nengok, Ternyata itu owner yang dari resto sebelumya. Dia manggil kita lagi dan bilang:
Owner: *liat ke gw* Jadi lo bisa mulai kapan aja? 
Gw: iya, kapan aja
Owner: *liat temen gw* ok, sorry karena kita butuhnya cepet jadi kita belum bisa nerima lo. Tapi dua minggu lagi kita bakalan butuh orang lagi kok.. Nanti gw hubungin
Temen gw: oh iya, ngga apa-apa
Owner: *liat gw* Yaudah lo nanti jam 6 sore datang kesini ya, pakai baju n celana hitam kita trial langsung
Gw: *shock* Ok!

Annndd that's it, gw dapet trial pertama gw di hari ke enam thanks to my friend.. Agak merasa bersalah juga sebetulnya :( Semoga temen-temen gw juga cepet dapat kerjaan, May God bless you and get a better job!! Amen!

Day 7
Masih disuruh masuk buat trial lagi..
Pengalaman tentang job pertama bakalan gw posting terpisah yaa (to be continued..) 
See you!


View Victoria Park

13 comments:

  1. Finally... nemu whv yang di Perth. aku rencananya abis lulus kuliah insha Allah mau coba apply whv nih sis tujuanku Perth juga. Hehe membantu banget tulisannya. Rajin2 update yaaa sis :p salam kenal btw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, salam kenal! Wah ada lagi yang mau apply whv juga, semoga lancar-lancar ya kuliah dan proses apply whv nya. Thank you udah baca blognya, semoga bermanfaat ya.. :D

      Delete
  2. Wah blognya cukup informatif ya. Mulai dari what should we do on the first week sampe tempat yang kudu dikunjungi. Saya sedang dalam proses WHV dan mungkin awal Januari 2016 akan ke Perth. Jika tak ada aral melintang (haishh), mohon bimbingannya dan arahannya nanti ya :)

    Anw saya Ricko, Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ricko, seneng deh kalo blog nya bisa berguna buat yang baca :D thank you ya udah baca blog nya.. Wahh, semoga lancar proses nya yaa! Semangat!!

      Delete
  3. Hihi keren blognya, sebenernya ini uda kedua kali sih baca dari awal injak OZ.
    Gtau knapa baca kedua kali ini gw lebih berasa di oz, ngerasa gw lagi ikutan sebar CV :D. pdhl gw masih di comfort zone.

    Thanks sharingnyaa :)
    moga2 bisa nyusul

    Rgds,
    Yuli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yuli!
      Waahhh thank you ya dah baca blognya sampe 2x pula.. *terharu.. :')

      Amiinn, semoga bisa nyobain keluar dari comfort zone and experience an exciting adventure yaa :)

      Delete
  4. Halloooo salam kenal,

    Never read a blog thoroughly before, but not this one Blog cause it's so interesting and informative for me hehehe cause next month i will go to Perth (whv juga nih), and i should get myself well prepared.

    Mau tanya nih tentang debit card yang dibuat sebelum sampe di perth, bole tolong jelasin ga proses bikinnya dan gimana cara pake nya,dll.

    Looking forward for your kind reply.
    Thankyou.

    Best regards,

    Kelvin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kelvin!

      First of all, congrats bulan dpn udah mau mulai a new journey!

      Yang commbank itu gw bikin online, bisa liat di link ini:

      https://www.commbank.com.au/personal/can/moving-to-australia.html

      Nah abis bikin online itu nanti kita dikasih tau nomor bsb n account bank nya, sama dikasih surat pengantar buat pas di bank nya nanti. Jadi setelah bikin online ini, kita tetep harus ke cabang bank yg udah dipilih buat aktivasi account nya. Account nya sendiri baru bisa dipake buat nerima transferan uang aja belom bisa yg lain" karena blm diaktivasi. Kartu debit juga langsung diproses, tapi tetep harus diambil di cabang yang udah dipilih. Kalo yg di Perth waktu itu di St George street.

      Pas udh sampe Perth, kita perlu dateng ke bank nya sambil bawa id n surat pengantarnya itu. Dibantu aktivasi sebentar, ngecek id, abis itu dijelasin sedikit cara pake online banking dll.. Trs langsung dikasih debit card nya deh.. Abis itu ya standard lah ngeset pin atm, dll gitu..

      Hahaha agak" lupa detailsnya gmn.. Tapi kurang lebih proses nya kmrn begitu.. Hehe

      Oh ya, Thank you udah baca blog nya, hehehe.. Semoga bermanfaat :)

      Delete
    2. Wooow thank you banget buat info nya yaaa, sangat bermanfaat !!!

      Sukses terusss

      Delete
  5. hai..

    tulisan nya sgt berguna :)
    btw, mau tanya kalo mau join group whv gmn ya? krn nanti bakalan pergi sendiri dan tdk ad kenalan.

    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo nophiesa, join di grup fb dulu kalo gw.. Nama grup nya WHV Indonesia. Nanti kalo udah tau mau ke state mana bisa tanya grup wa masing" state..

      Delete