Friday, 20 May 2016

WHV Story: Yang Baru, Aneh, dan Langka di Australia

Hai semuanya!

Setelah sekitar sebulan di Aussie, gw mau curcol sekalian bagi-bagi pengalaman dan sedikiit informasi.. Gw bakalan ceritain kebiasan baru yang muncul setelah tinggal disini, kebiasaan lama yang masih kebawa-bawa, yang masih gw rasa aneh disini, yg bikin kangen (selaen keluarga, temen, sama jenis" makanan yaa), dan benda yang berasa langka menurut gw.. Hahha, check this out guys!

Kebiasaan Baru

* Nyebrang nunggu lampu ijo buat pengguna jalan
Kalo pas di indo, boro-boro nyebrang nungguin lampu merah.. nyebrang di zebra cross aja udah langka banget. Sedangkan disini, gw sangat menikmati kemudahan nyebrang di zebra cross dengan tinggal menekan tombol buat nyebrang jalan.. setelah lampu ijo buat pejalan kaki nyala, gw tinggal melenggang dengan santainya.. well, kadang-kadang masih nyebrang ala-ala pas di indo sih, toh mobilnya dikit dan ga ada motor seliweran sana sini.. kayaknya kalo kebiasaan begini ntar pas pulang gw kehilangan kemampuan menyebrang jalanan rame dengan nekatnya.. hahaha..

* Rajin pake lotion
Ini! Selama di Indo, gw males banget yang namanya pake lotion.. satu botol kecil lotion aja ga bakalan abis sampe berbulan bulan karena gw pakenya niat ga niat, dan biasanya berakhir dengan dibuang karena ga tau udah berapa lama nangkring ga dipake pake. Sedangkan kalo disini gw pake lotion minimal 2x sehari. Kulitnya jadi kering banget disini, apalagi gara" kerjaan gw nyuci piring setiap hari makin kering lah ini kulit tangan..

* Rajin minum susu / jus tiap pagi
Disini harga susu & jus murah meriah (kalo ga di kurs ke Rupiah ya).. Harganya sekitar $1/liter. Kalo lo kerja dapet gaji $10/jam berarti satu jam kerja udah bisa beli 10 liter. Gw sih 2 liter bisa buat semingguan karena cuma minum pas pagi doang. Dibandingin sama minuman lain ini paling murah.. 

* Sering BBQan
Disini disediain alat bbq di taman, jadi kita tinggal bawa makanan sama peralatan makannya aja.. Ntar alat bbq nya pake yang ada di taman. Tapi jangan lupa buat bersihin lagi ya abis pake.. Kalo orang-orang suka ada yang pake aluminium foil buat tatakannya jadi ga usah bersihin lagi. Yang gw liat ada tempat bbqnya itu so far baru nemu 2 tempat, ada di Kings Park - Pines Picnic (ini di Perth city) area sama Charles Paterson park (area Burswood)

Yang masih berasa aneh di Aussie

* Minum air keran
Emang sih semua orang juga pada minum air keran disini dan ya emang ga bikin sakit perut. Tapiii, masih berasa aneh aja minum air keran. Okelah airnya bersih, tapi keran nya gimana coba? Kalo rumahnya udah bertahun-tahun disitu apa tuh keran ga karatan? Sugesti aja sih gw, hahaha.. Ada enaknya juga sih, misalnya kalo lagi cuci gelas tiba-tiba haus bisa langsung minum dari keran sambil nyuci.. mehehehe..

* Ke wc cuma ada tissue ga ada gayung / semprotan
Ga paham gw kenapa mereka bisa cuma pake tissue? Kalo pas pee okelah masih bisa, lah kalo abis pup gimana cerita coba.. Kan susah.. Jadi sampe sekarang gw masih mengandalkan gayung / botol setiap ke toilet.. haha.. Lagian kalo bikin tissue harus nebang pohon kan? Kenapa ga pake air aja sih?

Kebiasaan yang belom bisa diubah

* Kalo lagi ke toilet, tangan kebiasaan nyari semprotan
Kalo abis pee / pup pasti reflek tangan kanan nyari semprotan /gayung yang memang biasanya ada disebelah kanan dari toilet di indo.. setelah sepersekian detik menggapai-gapai gw baru ngeh kalo disini ga ada, hahaa.. kebiasaan, refleks.. apalagi kalo baru bangun tidur, masih setengah sadar..

* Bilang numpang-numpang / punten pas lewat tempat-tempat gelap
Ini kebiasaan kalau gw agak" berasa horor pas lewat tempat" gelap di indo, dan kebawa pula sampe ke sini. Tapi kadang pas gw bilang numpang2 atau punten dalam hati gw agak mikir juga sih, emang ngerti ya? Apa gw kudu ganti bahasa pake excuse me gitu? Tapi asa aneh.. haahhaa..

Yang bikin kangen Indo

* Ojek Online
Pas pulang kerja malem-malem dan harus kejer" bus karena yg paling malem cuma jam 10:45 pm, disitu gw merasa kangen sama ojek-ojek online di indo.. Murah meriah, cepat, dan standby kapan aja ada. Disiniii? Hedeh... kalo itu bus terakhir ga kekejer yaudah jalan kaki.. atau taxi / uber yang lumayan mahal menurut gw..

Terus kalo lagi mager, laper, di rumah ga ada makanan jadi berasa pengen buka app ojek online terus pesen makanan dianter ke rumah. Disini mana ada paling resto" tertentu dan ada minimalnya..

* Tukang Makanan Keliling
I miss sekoteng keliling tengah malem so much! Atau bakso / nasgor / mie tek" atau apalah yang langsung menjemput bola datengin pelanggan.. Tapi kebayang juga sih kalo disini ada yang kayak begitu dan abang"nya bule dorong gerobak, aishh bisa salah fokus ntar pas beli..

* Mall / Toko dimana-mana & buka sampe malem
Disini, jam 8 malem juga udah mulai sepi.. Apalagi kalo weekend, mall tutup jam 5 sore ajah. Di indo weekend malah mall nya tutup lebih malem, lah disini udah babay jam 5 sore.. Gw pernah kekunci di dalem mall gara" udah lewat jam 5 masih di dalem, alhasil harus muter keluar lewat parkiran..

Terus ga ada juga minimarket macem in**maret dan al**maret yang bersebelahan dan buka 24 jam atau at least sampe jam 11 malem gitu.. 

* Tukang Urut
Gw juga kangen ibu urut langganan di rumah yang 50rb sekali datang. Disini adanya massage yang mahalnya luar biasah.. Mending pake salep sambil urut" sendiri aja lah kalo pegel"

Benda yang berasa langka di Aussie

* Karet Gelang
Biasanya kan gw ngumpulin karet gelang dari hasil beli nasi goreng atau ketoprak dari abang" yang nangkring di sekitaran kosan, dan disini ga ada.. otomatis supply karet gelang pun berkurang.. kalo take away di resto pasti dikasihnya tapao box yang dari plastik itu, jadi tetep ga dapet karet gelang.. untung bawa beberapa dari indo jadi lumayan lah masih ada :p

* Sabun Cuci Muka P**ds
Gw bawa sih ini dari indo 2 tube, tapi yang satu udah tinggal setengah.. Dan selama ini gw jalan-jalan dari toko ke toko, mulai dari toko bule sampe toko asia belom pernah liat nih sabun muka.. Ntar kalo abis ga tau deh pake sabun merk apa lagi, hahaha.. Dah kebiasaan pake yang ini sih 

Hahaha, sekian postingan ngalor ngidul kali ini.. See you!

3 comments:

  1. Thanks sharingnya, senyum-senyum sendiri berasa lagi di OZ. Hahha.
    Keep sharing ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sama sama :D
      Ayo langsung ke oz biar ngerasain sendiri, mungkin nanti listnya lebih banyak dari ini :D

      Delete