Wednesday, 28 December 2016

WHV Story: Lagi-lagi Pindah Tempat dan Kerjaan

Halo haloo.. Update lagi cerita tentang pengalaman WHV nya ya..

Jadi setelah selama 3 bulanan gw menetap di the best livable city in the world (Melbourne), akhirnya gw memutuskan buat pindah lagi. Why? Karena pas tanggal 18 November 2016 kemaren, tetiba ada kabar kalo Work & Holiday Visa Subclass 462 holder punya kesempatan buat ngedapetin 2nd Year Visa! Mendadak dangdut banget kan.. Syaratnya harus kerja selama 88 hari di area utara dari Australia. Sedangkan visa gw bakalan habis di awal April... Jadi gw harus buru-buru pindah kalo mau dapet 2nd year visa.

Kebetulan agen yang ngasih kerjaan gw sekarang lagi ada kerjaan di daerah North Queensland, jadi gw ambilah kerjaan itu demi dapetin 2nd Year Visa. Daannn kerjaannya adalah Mango Picking! Metik Mangga? Panas-panas? Iyes kayak gitu deh..

Kebon Mangga

Mangga mangga

Setelah konfirm dapet kerjaan metik mangga, gw sama 2 orang temen gw yang satu pabrik di Melbourne memutuskan buat berangkat bareng ke Cairns nya. Kita berangkat bertiga naek mobil! Road Trip! Jarak sekitar 3000 km ditempuh dalam 3 harian karena harus buru-buru sampe.. Cerita lengkapnya gw bahas di postingan terpisah yaa..

Sesampainya di tempat, kita langsung menuju akomodasi yang udah disiapkan.. Dan pas nyampe gw agak shock pas liat tempatnya.. Agak jomplang soalnya dengan harga yang dikasih, yaitu 120/week. Agak susah sinyal, ga ada wifi, dan di tengah padang rumput.. Bagus sih pemandangan sama udaranya, cuma yah susah sinyal nya itu loh... Akhirnya setelah seminggu disana, kita memutuskan pindah ke  tempat lain yang ada sinyal dan wifi nya.

Ruang ngumpul-ngumpul

Pemandangan depan rumah, langsung gunung n padang rumput

Tempat jemur baju

Buat kerjaannya, menurut gw sih ini kerjaan paling berat selama gw di Australia. Well, selama gw kerja di Indonesia atau di Malaysia juga ini paling berat sih... Jadi, kerjaannya itu start dari sekitar jam 6.30 pagi dan selesai sampai sekitar jam 17:30 setiap harinya.. Kerjaannya cuma metikin mangga yang udah siap di petik, harus yang besar (at least 340 gr) dan ujungnya harus bulat ga boleh yang pipih, warnanya juga yang udah merah bukan yang masih hijau. Tantangannya adalah kita ngerjain ini selama 10-12 jam per hari nya (istirahat 30 menit), berdiri dan jalan terus bulak balik dan udara panas terik.. Dehidrasi cuy! Bikin haus setiap saat.. Hari pertama gw langsung terkapar lelah, ga bisa ngapa-ngapain lagi pas pulang kerja langsung mandi dan tidur..

Panaaaasss, Gersaaangg

Oh ya, kalo metik mangga ini bisa bikin alergi buat beberapa orang. Salah satunya gw.. Gw seumur hidup makan mangga ga pernah alergi, gatel" atau apapun.. Tapi pas hari ketiga tiba-tiba malemnya gw kena alergi, bentol-bentol dan gatel gituu.. Jadi harus hati-hati juga ya kalo yang mau kerja metik mangga.

Alergi di tangan, ini ga seberapa.. Temen-temen yang lain pada lebih parah


Tapi dari kerjaan ini gw belajar bahwa bahagia itu sederhana:

1. Matahari ketutup awan untuk sementara waktu a.k.a mendung
2. Ada angin berhembus
3. Kombinasi dari nomor 1 dan 2 (Puji Tuhan banget!!)
4.  Ada truk yang ngisi air datang, jadi kita bisa duduk istirahat 2 menitan
5. Minum air dingin..

Hahahahaha.. begitulah kurang lebih kerjaan gw yang sekarang.. Semoga kuat ya, ini aja gw udah berasa pengen udahan, hiiikkkksss... :')

Duduk pas istirahat itu rasanya... :D







6 comments:

  1. kak Agentnya pake apa Ag*i kah? btw my visa has been granted

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Adira! Congrats yaa dah granted visa nya :)
      Good luck on your journey!!

      Iya, gw agent nya pake Agri Labour..

      Delete
  2. kak cara join agennya gimana yah? ak baru tau kalo bisa join agen gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Aulia!

      Gw sih join agen nya cuma via email.. Jadi, kan agen nya suka posting lowongan kerja di Group WHV Indonesia.. Nah, gw email lah cv ke alamat emailnya dia. Beberapa hari kemudian di telpon sama agen nya n dikasih kerjaan deh :) Free of charge, ga pake bayar"

      Delete
  3. hai FMHaven,boleh minta alamat emailnya?
    mau nanya2 tentang agent dan group whv Indonesia.

    gw baru dari february kemarin di sydney btw.

    ReplyDelete