Thursday, 16 March 2017

WHV Story : Roadtrip dari Melbourne ke Cairns!

This is the story of my first Road Trip in Australia!

Jadi ceritanya gw bakalan pindah dari Melbourne, Victoria ke Dimbulah, Queensland, yang kira" jaraknya 3000km. Awalnya gw udah mau beli tiket pesawat aja, tapi ada temen gw yang ngajakin road trip bareng dan mengingat barang bawaan yang banyak jadi gw memutuskan buat ikut road trip aja. Sekalian nyari pengalaman baru juga hahaha..  Kan katanya road trip is a must try in Straya~

Our Roadtrip Car!
Salah satu temen roadtrip gw :D
Jadi ceritanya kami harus sampai di Dimbullah sebelum tanggal 14, dan rencananya kita mau berangkat tanggal 8 biar bisa agak santai jalannya. Ternyata berubah rencananya karena salag satu anggota road trip ada yang baru bisa berangkat tanggal 9 malem. Soo kita ubah planning tgl berangkat jadi 9 malem. Terus udah mendekati hari H, kami ga pernah ketemu atau ngobrolin langsung bertiga sekalipun tentang persiapan perjalanan atau rute yang mau diambil. Gw sih jujur jadi agak was was karena ini roadtrip pertama gw dan ini bukan jarak yang pendek lohh.. Ini bakalan melintasi benua Australia dari ujung selatan ke ujung utara, kan bikin deg"an. Gw sempet kepikiran buat ga jadi ikut roadtrip dan beli tiket pesawat aja. Tapi setelah gw pikir" lagi, kalo gw misah sama temen" gw ini, bakalan lebih ribet nantinya. Susah lagi nyari buat ketemuan dimana atau nantinya mau stay dimana, karena kami bakalan kerja di farm yang sama jadi lebih mudah kalo stay nya barengan. Akhirnya gw memutuskan untuk tetep ikut roadtrip dan agak pasrah nanti rutenya gimana, gw percayain aja sama mereka lah.. Hahaa..

Hari pertama roadtrip kita stay di kota Narrandera,  NSW. Itu kita baru sampe jam 7 pagi dan bukannya langsung bobo dulu, eh kita malah keasikan main Frisbee dulu.  Hahaha abis main frisbee kami makan dulu baru bobo. Gw bawa bekel nasi yang cukup banyak buat bertiga dan kmrn udah sempet beli tuna kalengan, jadi kita sarapan itu dulu.. Lumayaan rasanya berasa lebih enak dari biasanya, karena kita lapar banget.. Abis bobo bentar kita langsung jalan lagi sekitar jam 12 siang.

Narrandera - Rest Area
Cek" sign dulu yaa
Kita jalan lumayan lama sekitar 6-8jam jalan setiap harinya,  tapi entah kenapa itu ga kerasa sama sekali. Rasanya enjoy aja sambil ngeliatin pemandangan. Sesekali kita berenti di kota" yang kita lewatin, buat ngelurusin kaki lah,  makan lah,  atau sekedar liat" aja. Banyak banget kota" kecil yang kita lewatin selama roadtrip,  dan sinyal juga termasuk langka mungkin karena kita pake Vodafone.  Katanya orang yang tinggal disana sih yang pake Optus atau Telstra masih bisa ada sinyal di spot" tertentu juga. Saking langkanya sinyal, sekalinya ngelewatin daerah yang ada sinyal kita langsung berasa kembali ke peradaban. Hahaha.. 

View selama perjalanan
Terus pernah sekali kita kesorean sampe ke kota kecil gitu, ceritanya mau cari makan.. Ehh ga ada toko yang buka dongg, cuma ada satu pub kecil yang buka. Dan karena jam makan siang udah lewat, jadi makanannya mereka cuma jual pizza aja. Karena kita kelaparan, jadinya kita beli ajalah pizza nya. Daann ternyata rasanya ueeennaaakk!

Rolleston
Ini pub tempat beli pizza
Selama perjalanan kita kira, kita ga bakalan mandi karena ga nginep di hostel.  Eh ternyata ada aja tempat yang nyediain tempat ngecamp dan kamar mandi gratis plus pake aer anget pula! Istimewaaa!! Hahaha..

St George - BP Petrol Station
Salah satu tempat yang nyediain Free camping, toilets, & shower!
Dreamcatcher!
Biar lebih berasa backpackeran nya
Kalo roadtrip di Australia sebaiknya jangan jalan pas malem", well di negara laen juga sebaiknya jangan malem" sih karena gelap dan lebih rawan. Tapi kalo di Australia ditambah sama bahaya ada kangguru / walabi yang tiba" loncat ke jalan. Kalo pas lagi posisi ngebut, bisa bahaya. Kata temen gw dikosan yang dulu, kalo ada kangguru jangan dihindarin.. Karena bisa lebih bahaya, bisa jadi diarah sebaliknya ada mobil lain atau karena gelap dan panik kita ga liat samping"nya jalanan atau bukan. Kalo bisa pelanin laju mobil dan kalo udah maksimum pasrahin aja tabrak kanggurunya. Memang kasihan kanggurunya.. Dan kemungkinan besar mobil lo juga bakalan hancur dan gak bisa jalan. Puji Tuhan selama perjalanan ini kita ga nabrak kangguru / walabi yang tiba" loncat ke jalananan. Tapi temen gw yang lain ada yg roadtrip juga dan nabrak kangguru, lumayan dia harus ke bengkel dulu benerin apalah yang rusak itu. Oh ya, bedanya kangguru sama walabi kata temen gw itu: kalo kangguru loncatnya lurus,  kalo walabi lebih bahaya karena kita lebih ga bisa prediksi dia bakalan loncat kemana karena loncatnya lebih zigzag ga beraturan. Dan beneran pas roadtrip kita nemu walabi yang loncatnya ga jelas mau kemana arahnha lurus kah,  kiri,  atau kanan. Untung ga ketabrak..


Anywaay,  you should try to do a roadtrip in Australia! Pengalaman baru n asik buat gw sih, ga nyesel juga milih roadtrip instead of naek pesawat. Tidur di mobil, dempet"an di tenda, bangun pagi ketemu kangguru di samping mobil, nyantai sambil tiduran di hammock, main frisbee, main sepakbola di taman, nemu tempat mandi gratis, bahagianya pas nemu sinyal, dengerin lagu yang galau sampai yang ngerock, sampe ngeliatin perubahan pemandangan dari daerah NSW ke Queensland, pengalaman asik punya! Dan pastinya setiap roadtrip punya ceritanya masing", kayak temen gw yang nabrak kangguru tadi.. Dia juga hampir nabrak burung onta,  ban kempes lah, apalah apalah.. Agak apes sih memang temen gw yg satu ini, tapi tetep asik dan punya cerita tersendiri.. Sooo make yours too! Don't forget, safety first!

Roadtrip Expenses (AUD)
Ini kurang lebih total biaya selama roadtrip nya (3 hari, 2946 km)
Cuma yang sharing, ini ga termasuk pengeluaran pribadi ya
Belyando Crossing
Antah berantah.. Semuanya mahal disini, ke wc aja bayar $2 kalo ga belanja disitu
West Wyalong
Salah satu kota yang kami lewatin pas roadtrip
Hati-hati buaya!



2 comments:

  1. gue baru baca2 blog lo nih tentang whv, seru banget, informatif, inspiring. doain ya ka smoga gue dapet whv, rencana 2019 atau 2020. sukses terus kak!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn, semoga bisa dapet ya! Semangaattt!

      Delete