Sunday, 2 April 2017

Jelajah Australia: Tasmania

Another Roadtrip in Australia! Sekarang giliran roadtrip di Tasmania!  Woohoo!

Tasmania ini pulau terpisah jadi agak nyebrang sedikit dari Melbourne. Gw bertiga sama temen gw berangkat dari Melbourne ke Launceston naek pesawat biar cepet. Dari Launceston baru deh sewa mobil buat keliling Tasmania.

Mobil Sewa

Hari pertama kita liat" Launceston sebentar terus pergi ke Cataract Gorge yang letaknya ga jauh dari Launceston. Tempatnya baguus enak banget kayaknya kalo berenang disini, cuma karena pada ga bawa baju ganti jadinya kita cuma nyemplungin kaki aja. Kita makan siang di sini juga, take away ayam KFC n makan dibawah pohon, tetiba ada kangguru nyamperin.. Karena ga tau boleh kasih makan atau ngga, jadi ga kita kasih deh ayamnya.. Takut kenapa" dia kalo dikasih mecin..

Launceston, Tasmania

Cataract Gorge

Ini dia yang nyamperin pas kita lagi makan siang, hahaha..
Btw, ini kangguru / walabi ya? Masih bingung bedainnya

Besokannya kita main ke Freycinet National Park - Wineglass bay. Agak naik sedikit, tapi buat gw yang udah bertahun" ga hiking dan udah lama ga olahraga, ini lumayan bikin bengek. Padahal ini rute standard, dan banyaj juga kakek nenek yang jalan kesini. Hahaha.. Anyway, setelah sampe atas kita bisa liat view nya yang bagus! Jadi ga sia" naik ke atas situ..

Wineglass bay Lookout

Wineglasss bay Lookout
Banyak banget loh pemandangan keren sepanjang perjalanan di Tasmania ini. Kayak foto" di bawah ini:

Cressy Beach
Pemandangan pas di jalan, langitnya keren!
Malemnya kita pergi ke Port Arthur, masuk Port Arthur ini bayarnya lumayan mahal kalo siang, jadi kita memutuskan buat ambil yang malem sekalian nyobain Ghost Tour ceritanya. Sebenernya, kalo ga ada tour guide yang cara ceritanya maximal banget sampe di peragain, tempat ini ga begitu berasa seremnya sih.. Tapi karena tour guide kita waktu itu maximal banget ceritanya dari nada, peragaan, sampe kadang ngagetin ya jadi lumayan deg deg serr.. Kalo lokasinya di Indo gw sih udah yakin gw ga bakalan ikut ghost tour. No, thanks! Bakalan lebih parno kayaknya kalo di Indo.. Hahha..

Salah satu bangunan di Port Arthur
Sertifikat karena udah berani ikutan Ghost Tour
Salah satu yang lumayan terkenal dari Tasmania adalah Lavender nya.. Benernya lebih terkenal yang di Bridestowe tapi karena kemaren ini ga sempet jadi kita ke lavender yg di Port Arthur. Lebih kecil sih tempatnya.. Dan lavendernya udah banyak yg dipanen.. The best time buat dateng ke lavender farm sekitar bulan januari gitu.. Pantengin website farm nya,  biasanya ada info" bunganya lagi mekar kah, udah sebagian dipanen kah, dll

Lavender Farm
Lavender Ice Cream

Habis dari lavender, kita pergi ke Hobart. Makan siang bentar sekaligus jemput satu temen kita yang mau ikut bareng ke Mount Wellington dan Cradle Mountain.

Hobart
Habis jemput temen di Hobart, kita langsung menuju ke Mount Wellington. Tadinya mau hiking di Mount Wellington nya, tapi ternyata ada jalan buat mobil buat sampe ke atas. Yaudah kita naek mobil aja deh sampe ke paling atas.. Siap" jaket yaa disini dingin dan anginnya kenceng bangeett..

Mount Wellington
Banyak bunga Edelweiss
Malem pas mau cari campsite kita sempet agak nyasar, gara" ternyata jalanan ada yang ditutup. Dan kita sempet dag dig dug gegara udah gelap banget, berkabut, dan banyak kangguru/ walabi / kelinci yang suka tiba" loncat ke tengah jalan. Bikin kaget..

Our Tent - Mole Creek Campsite
Pagi" kebangun gegara ujannya ngerembes ke dalem tenda n bikin basah sleeping bag. Sampe agak siangan juga masih agak mendung gitu.. Tadinya karena cuacanya begini kita mau ke Moles Creek aja instead of ke Cradle Mountain.. Tapi kata temen gw lebih bagusan n lebih terkenal Cradle Mountain.  Sooo kita tetep pergi ke Cradle Mountain, ternyata cuaca makin tidak mendukung.. Sempet gerimis bentar sih abis itu ujan lagi,  dan kabut nya tebel banget.. Jadi ga terlalu keliatan pemandangan di Cradle Mountain nya..  Hikss..

Cradle Mountain
Abis dari Cradle Mountain kita langsung cus balik ke Launceston, karena harus balikin mobil dan ngejer flight balik ke Melbourne. It's a fun short road trip!  Latihan buat next road trip yang bakalan lumayan panjang hahaha.. Oh ya, di Tasmania ini kan gw ceritanya dateng pas summer tapi dinginnya luar biasahh.. Sekitar 13° gitu sih.. Cuma pas ada angin itu loh yang bikin kedinginan, apalagi pas di Mount Wellington. Siapin jaket ya! Ok,  see you on the next road trip~

Fish and Chips - The Fish Van

River and Rocks Campsite
Total Biaya 5 Hari 4 Malem di Tasmania buat 3 orang (AUD)
Beberapa kali nginep di Free Campsite biar agak irit

1. Asik banget, I'm in dong kak, kalo misal mau adventuran lagi hehehehe dan aku bisa ikut

2. waaahhh gw udah di Indo lagi sekarang adira.. :(

3. hi, sewa mobil perlu pakai insurance tambahan ga ya?
    sy cek sewa mbl nya AUD 116, sy dpt lebih mahal nih, kira2 sewa mobil dimana ya yg bgs & murah? thanks yaaa