Saturday, 22 April 2017

Jelajah New Zealand: Roadtrip di New Zealand! (Part 1)

Kia Ora!

Salam hangat dari New Zealand! Hari pertama dari NZ trip ini, kami mulai dari kota Christchurch di South Island. Gw sama temen gw, Tee, naik pesawat dari Melbourne yang jam 12 malam, flight nya sekitar 3 jam dan perbedaan antara Melbourne dan Christchurch itu 2 jam. Jadi estimasi kami sampai di Christchurch sekitar jam 5 pagi.

Jadi awalnya itu kami cuma beli tiket berangkatnya aja, rencananya baru mau beli tiket balik pas di NZ. Karena siapa tau tetiba mau extend atau apa kaan.. Ternyata,  pas mau check in diminta tiket return sama petugasnya. Untungnya 2 dari temen gw, Han & Bong, yang berangkat duluan udah nelponin gw dan ngasih tau hal ini,  jadi gw udah beli tiketnya pas sebelum berangkat ke bandara. Semuanya berjalan lancar cuma agak delay aja pesawatnya sebentar, dan akhirnya sampai di Christchurch jam 5 lebih. Setelah proses imigrasi, pengecekan segala macem kami langsung berangkat ke hostel yang udah dibook sebelumnya. Naek bus no 29 dari bandara ke city,  dan fyi kalo naek dari bandara bayarnya NZD 8.5, tapi kalo mau jalan sedikit keluar bandara sekitar 5 menitan cuma bayar NZD 4. Lumayaann..

Touch Down Christchurch Airport!
Hari pertama di NZ kami cuma jalan" keliling Christchurch aja karena baru bisa ambil campervan besokannya. Christchurch kotanya sepii.. Dan masih banyak banget bangunan yang hancur bekas gempa tahun 2011 kemarin ini yang belum di renovasi. Bahkan ada yang malah dijadiin objek wisata.

Visitor Centre Christchurch
Replica of the famous Paua Shell house
Somewhere along the road in Christchurch

Art Gallery
Bell Tower Christchurch

Hari ke-2

We got the campervan! Puji Tuhan campervan nya ga kena cancel. Soalnya kemaren pesen campervan yang relocation. Relocation van itu kita bantuin pihak rental buat bawa balik van nya, misalnya ada yang minjem van dari kota A ke kota B nahh dia butuh bantuan buat ngebalikin van nya dari kota B ke kota A. Kalo kita sewa relocation van bayarnya cuma sekitar $5/hari. Tapi ga enaknya ya bisa tiba" di cancel bahkan pas hari H nya. Dan kita ga bisa pake lama" paling cuma beberapa hari aja. Kayak campervan yg pertama ini,  cuma 3 hari aja. Daan 2 campervan berikutnya yg udah di book kena cancel dong. . Haha.. Sudahlah gimana nanti, kalo ga dapet ya cari rental mobil atau naik bus kali yaa.. Karena alasan ini juga akhirnya gw memutuskan meninggalkan satu koper gw yang gede banget di hostel Christchurch, daripada nanti ribet bawa" kalo jadinya naek bus atau mobil kecil.

The Campervan

Soo setelah dapet campervan, kami langsung pergi belanja bahan" makanan buat nanti masak di campervan. Setelah selesai belanja, langsung berangkat ke Lake Tekapo - Lake Pukaki. Disini pemandangannya kece bangeeet.. Tapi aernya juga dingin banget nget, padahal lagi summer tapi tetep aja dingin..

Lake Tekapo

Church of the Good Sheperd - Lake Tekapo

Lake Tekapo Bridge

Lake Pukaki

Dinner hari pertama, Steak!
Ala-ala minum wine pas dinner

Breakfast di samping Lake Pukaki!
Lake Pukaki, sebrangnya itu Mount Cook

Malem" kami ceritanya mau stargazing dan mau poto" aurora.. Tapi alhasil 5 menit di luar dan semuanya langsung bubar menyerah gara" udaranya dingin banget.. Hahaha.. Anyway,  bintang"nya baguuuss! Tapi sayangnya ga ada yang punya kamera memadai buat foto" langit malam.. Hahahah..

Banyak saappiii, bisa dijadiin iklan produk susu.. hahaha

Hari ke-3
Tadinya mau ke Mount Cook, tapi karena kesiangan dan waktu mepet harus nyampe Queenstown besok pagi buat balikin van jadi kita ga ke Mount Cook. Kita langsung lanjut ke arah Wanaka. Dari Wanaka tadinya mau ke Roy's peak (salah satu lokasi syuting LOTR, tempat liat middle earth dari atas,  haha) tapii lagi-lagi gara" kesiangan tadi jadinya sampe sana kesorean udah jam 16.30an, dan kalo hiking ke Roy's Peak itu makan waktu kira" 6-7 jam.. Jadinya ga jadi lagi deh.. Kami akhirnya puter arah ke Lake Hawea buat ngecamp dan paginya baru ke Queenstown.. Hari kedua ini berasa nya cepet banget, mungkin gegara ngabisin waktu banyak banget buat masak".. Haishh..

Somewhere along the road

Bunga di tepi jalaan~

Wanaka

Ngelewatin Bradona, lokasinya di Cardona
Ini ceritanya setiap bra yang dikumpulkan akan diubah menjadi
donasi bagi penderita kanker payudara..

Banyak banget yang donasiin bra nya

Hari ke-4
We arrived at Queenstown! Woooo! Gw personally jatuh cinta pada pandangan pertama sama kota ini. It's such a beautiful little town. Lokasinya pas di tepi danau dan dikelilingin sama gunung". Disini juga banyak banget tour" yang disediakan, mulai dari tour ke tempat" LOTR, winery, sampai aktivitas" air atau udara macam jet ski, bungee jumping,  sky diving, dan sebagainya. Banyak banget backpacker di kota yang satu ini.

Queenstown, sweet little town.. I love it!

Queenstown

Pas baru sampe, kami langsung menuju ke visitor centre. Mau nanya" soal skydiving, kata mas" di visitor centre yang terkenal di Queenstown itu company nya NZone tapi karena terkenal jadi rame.  Kalo mau yang lebih personal ada yang namanya Skydive Paradise. Karena dia company baru, jadi belum terlalu banyak orang. Kalo harga sih sebelas duabelas lah, jadi kita pilih Skydive Paradise biar lebih personalize ceritanya..  Haha.. Untuk lokasi ada 2 option, Wanaka sama Glenorchy. Karena kemaren ini kita abis dari Wanaka, jadi sekarang kita pilih lokasinya di Glenorchy. Dan ketinggiannya pilih yang 12,000 ft aja.. Untuk harganya sendiri tergolong mahaaall yaitu NZD 335. Gw sampe mikir berkali-kali buat beli atau ngga. Tapi karena pengen coba dan pengalaman once in a lifetime jadi gw memutuskan untuk skydiving.. Haha.. Kami dapet jadwal buat besokannya di jam 9 pagi.

Habis itu kami langsung pergi buat cari makan siang. Makan siang kami hari ini adalah Fergburger,  ini burger yang terkenal banget di Queenstown. Ngantrinya aja sampe panjang keluar" restonya. Kira" ngantri 15-20 menit dan nunggu makanannya jadi juga 15-20 menit. Setelah dapet burgernya kita langsung jalan ke pinggir danau karena ga ada tempat buat makan disitu. Menurut gw burger yang satu ini emang beda sih sama burger" lain yg pernah gw makan. Dagingnya lebih enak dan bun nya agak ada crispy"nya gitu. Setelah makan siang kita pergi keliling kota dsn abis itu balik ke hostel karena besoknya harus bangun pagi" buat skydiving!  Yeay!

Fergburger!

Oleh Oleeehh
Ini bukan ngiklanin tas loh, beneran deh..

Hari ke-5
It's time for skydiving!! Wooo!! Selama di perjalanan dari Queenstown ke Glenorchy, gw berasa 50% excited & 50% takut.. Hahaha.. Pas udah sampe di tempat skydive nya dan dikasih briefing dan video presentase nya berubah jadi 70% excited & 30% takut, hahaha.. Jadi total orang yang booking jam 9 ini ada 12 orang, dan ini dibagi 4 batch (per batch bertiga). Dan kami kebagian batch ke 2. Setelah nunggu setengah jam, akhirnya tiba giliran kami buat skydiving! Hahahaha.. Pas naik pesawat tingkat ketakutan naik menjadi 60%. Ahhahaha.. Pas mau loncat naik lagi jadi 90%!! Tapi pas udah loncat dan melayang-layang di udara sambil liat pemandangan yang kece abis langsung jadi excited 99%!! Hahahaha.. Masi ada 1% takutnya sih.. Hahahaha.. Ini asik banget, kalo ada kesempatan kalian coba deh skydiving. Agak mahal memang, tapi buat pengalaman sekali"..

Ini pesawat yang menjatuhkan kita adri ketinggian 12.000 feet..
Are you ready for Skydiving?!

Glenorchy, New Zealand dari atas!
I'm flllyyyiiinggg~~
Ini dia abang yang ngedorong gw loncat dari pesawat..
dan menyelamatkan gw juga tentunya, ahahaha

Cerita selanjutnya bersambung ke postingan part 2 yaa..

My New Zealand Roadtrip Mates
Oh ya, nama yang digunakan hanya nama samaran bukan nama asli ya hehehe :)

1. Halo. Makasih sharingannya.
    Saya mau nanya, kalau saya ke aussie pake visa WHV, trs dari aussie mau k NZ perlu visa lagi? Mengajukannya gimana yah? Makasih

1. Halo Lano, iya perlu visa lagi kalo mau ke NZ.. Bisa apply via online, cek di web ini ya:

Nanti isi bikin RealMe account buat loginnya. Isi form gitu sama attached beberapa dokumen, terus transfer biayanya.. Kurang lebih $158an.

Terus passport asli nanti harus ditunjukin ke imigrasi NZ yang ada di Sydney buat di verivikasi. Kalo lo ga di Sydney, passportnya bisa dikirim pake pos kok.. Ntar bayar lagi sekitar $49an buat handling fee sama biaya kurir kirim balik passportnya ke lo.. Ntar di proses, gw sih sekitar 2 mingguan.. Pas granted, dikirimin notifikasi gitu. Abis itu login lagi ke webnya buat liat visa nya..