Friday, 5 May 2017

Jelajah New Zealand: Roadtrip di New Zealand! (Part 3)

Hari ke-11

Daannn akhirnya temen gw ga jadi nyemplungin cincinnya ke Mordor. Hahhaa.. Mungkin karena the ring is too precious for him yaa.. Hahha, ngga ding ini gegara ga jadi naik ke Tongariro Crossing, karena kalo crossing makan waktu minimal 6 jam. Pas kita sampe sana, banyak banget hikers yang terkapar gegara kecapean. Pada ngegeletak dimana", muka merah, dan keliatan kelelahan. Oh ya, kalo mau hiking di sini harus pake dan bawa peralatan lengkap ya mulai dari baju hangat, topi, sepatu, kompas,  peta, dan kalo lagi musim salju disarankan juga bawa ice axe dan sebagainya.. Dan pastinya harus tau cara pakenya juga.

Karena kita ga naik ke Tongariro Crossing jadi kita cuma foto" aja dari jauh. Liat Mordor dari jauh aja, karena di film LoTR nya si Sam udah bilang "Mordor is the only place in Middle Earth that you don't want to get any closer".. (#alasan) padahal mah emang malas aja hiking 6 jam an. Bengek gw kayaknya.. Plus ga bawa peralatan lengkap pula. Habis dari Tongariro, kami berangkat menuju Taupo. Malam ini kami ngecamp di samping Lake Taupo. Disini bisa main air dan berenang juga looh, dan airnya ga sedingin di danau" lainnya (waktu itu loh ya). Habis puas main air dan makan malam, kami lanjut main UNO. Ini maen heboh banget sampe takut bikin tetangga bangun n ngegedor campervan kami.. Hahahha..

Mordor!!
Tongariro Crossing KM 0...
Taupo Lake.. Niat banget itu yang nyusun..

Hari ke-12
Setelah kemaren ini ke Rivendell dan Mordor, hari ini saatnya ke Matamata a.k.a Hobbiton! Yeaay! Tapi sebelumnya kami juga mamipr dulu ke Rotorua. Disana ada sumber air panas atau geothermal gitu. Karena masuknya bayar, kami cuma curi" liat aja dari luar. Alhasil yah cuma bisa liat yang kecil aja.  Yang dari jauh cuma bisa liat uap nya aja.. Haha..

Rotorua!

Coba baca yang bagian bawahnya...

Dari Rotorua kami langsung menuju ke Matamata, nyampe sana kurang lebih jam 12 siang. Buat liat Hobbiton Movie Set ini, kita wajib ikut tour yang sudah disediakan. Karena kami ga booking dari jauh" hari, jadinya kami harus nunggu lagi sekitar 3 jam.. Karena baru dapet slot tempat di tour yang mulainya jam 3 sore.

Hobbiton Movie Set

Jadinya kami balik dulu deh ke campervan, masak n makan siang dulu terus bobo siang bentar dan balik lagi. Tour Hobbiton ini berlangsung selama 2 jam dan untuk menuju ke lokasinya kita perlu naik shuttle bus lagi. Selama tour kita dijelasin tentang movie set ini, mulai dari cerita sang sutradara nemuin tempat ini diliat dari helicopter dan langsung naksir buat bikin setting Hobbiton, sampai behind the scene di LoTR yang sebelumnya gw ga ngeh..

Knock knock

Hobbit Houses

Magnificent view!

Di akhir tour kita mampir ke Green Dragon Bar, disini kita dikasih satu free drink. Lebih dari itu ya harus bayar lagi.. Bagus tempatnya, nyaman banget kayaknya kalo dijadiin desa beneran.. Tapi ga enaknya ya lumayan rame karena banyak yang ikutan tour, mungkin enakan ambil yg paling pagian ya sebelum terlalu rame sama grup" lain. Habis dari Hobbiton, kami langsung ke campsite yang letaknya ga jauh dari Hobbiton ini. Jadi pemandangannya masih agak" mirip di Shire gitu deehh..

Green Dragon Bar

View dari Campsute :)
Dinner Dinner~

Hari ke-13
Hari ini jadwalnya buat balikin campervan ke Auckland. Setelah refill air, gas,  dan bensinnya, kami langsung balikin campervan nya. Habis itu kami cuma jalan" sebentar keliling Auckland. Dan karena udah malem, jadi banyak tempat yang udah pada tutup. Jadi kami cuma ke toko" souvenir buat beli oleh", koleksi, dan titipan juga. Kalau sesuai dengan jadwal, harusnya besok kami udah balik ke negara masing" dari NZ. Tapi gw extend karena balik dulu ke Christchurch ambil koper yg gw tinggal. Tadinya gw mau sendiri aja, naek pesawat dari Auckland ke Christchurch, ambil barang di Christchurch dan langsung terbang ke destinasi selanjutnya. Tapi waktu itu tetiba Han sama Tee jadi extend juga dan ngajakin gw lanjut roadtrip lagi balik ke Christchurch. Sedangkan Bong,  tetep di plan awal, dia besok balik ke Melbourne langsung. Karena gw itung" juga rasanya jadi lebih murah ongkosnya dan lumayan bisa jalan" lagi, gw iyahin aja tawaran mereka waktu itu. Tapi sekarang gw agak ragu sama keputusan yg gw ambil. Gw lupa kalo Han sama Tee itu pasangan lovey dovey, macam amplop sama perangko, lengkeett banget, bikin berasa nyamuk banget gw kalo jalan bertigaan sama mereka -_- Ohh my.. Tabahkan dan kuatkan hambaMu ini untuk melawan rasa baper dan cobaan ini ya Tuhan..
Auckland

Hari ke-14
Pagi" gw, Han,  sama Tee langsung pergi buat belanja dan ambil campervan lagi buat ke Christchurch. Setelah dapet campervan dan perpisahan sama Bong, kami bertiga langsung jalan menuju ke Waikite buat berendem aer panas. Tadinya mau ke The Coromandel dulu, karena disana terkenal dan ada Cathedral Cove (tempat syuting Narnia) juga. Tapii, karena proses ambil campervannya ngantri laamaaa banget, jadi kita skip deh Coromandel nya.. Daripada ntar malah jadi keburu" dan ga nikmatin perjalanannya. Sesampainya di Waikite, kami langsung liat" kolam aer panasnya.. Ada beberapa kolam di sini dan beda" panasnya. Pas lagi survey tempat nya,  gw sama Tee rasanya pengen langsung nyebur aja.. Haha.. Enak banget berendem aer anget sambil liat" pemandangan, pegel" langsung hilang.. Karena disini ada campsite nya juga, abis berendem kita bisa langsung makan n tidur.. Ga perlu nyetir lagi dan cari" campsite dulu. Mantaaapp, malemnya langsung tidur nyenyak..

Waikite Valley

Sumber air panasnya.. entah berapa ratus derajat itu panasnya

Hari ke-15
Pagi" gw bangun langsung ganti baju n berendem aer panas lagi..  Sebenernya kolam aer panas nya baru buka untuk umum jam 10, tapi buat yang camping disitu udah boleh masuk dari jam 6 pagi. Asik banget, jadi pas berendem pagi" ga penuh kolamnya. Karena paling telat check out jam 12, jadi abis berendem n sarapan kami tidur siang dulu.. Soalnya berasanya ngantuk berat abis berendem..

Abis bobo siang kami langsung berangkat ke Waitomo. Disini terkenal dengan glowworm nya, yang ada di Waitomo Cave. Di Waitomo Cave ini, kami dipandu oleh seorang tour guide yang menurut gw bagus banget penjelasannya plus suaranya bagus banget. Apalagi pas dia nyanyiin salah satu lagu dari suku Maori,  wuuhh bikin merinding.. Bagus banget! Setelah penjelasan singkat tentang cave ini, saatnya kami naik ke kapal buat melihat glowworms nya. Baguuss dan keren banget, berasa ngeliat bintang" bertaburan di jarak dekat gitu.. Sayangnya selama tour ini kami dilarang untuk mengambil foto / video, jadi gw taro foto yang dari website aja ya.. Oh ya,  yang bikin gw kagum lagi adalah pas naek kapal, gw kira bakalan pakai mesin atau dayung. Ternyata tour guide kami ngejalanin kapalnya dengan cara menarik tali" yang sudah terpasang di cave ini. Ga kebayang dia harus sekuat apa buat ngarahin dan ngejalanin kapalnya, smooth banget ga pake nyenggol" dinding atau apapun. Abis itu kami langsung menuju Wellington, karena besok pagi harus naek ferry menuju South Island lagi.

Waitomo Cave Entrance
Kita naek perahu itu keluar dari Waitomo Cave nya

Somewhere along the road
Niat banget yang ngegambarin domba satu" dipinggir jalan..

Hari ke-16
Berasa cape banget hari ini, padahal gw kaga nyetir apalagi Han sama Tee yang kemaren nyetir sampe malem coba.. Di ferry kami cuma foto" bentar abis itu langsung cari lounge buat istirahat. Gw sih langsung ketiduran begitu nemu kursi dan posisi yang pas.. Hehehe.. Pas perjalanan dari Picton ke Christchurch, tetiba kami di berentiin sama polisi. Kaget gw, soalnya dari 2 minggguan disini baru pertama kali liat n di stopin sama polisi. Ternyata kami overspeed, harusnya maximum 60km/jam sedangkan kami 77km/jam. Daann kami kena fine NZD 120. Mahaaallnyaaaa.... Pas di jalan kami mampir bentar ke Nelson Lakes, karena banyak yang berenang, kami juga jadi kepengen ikutan berenang.. Aernya seger bangeett! Tapi hari ini kayaknya bukan hari yang baik buat Han,  dia malah kehilangan kacamatanya pas lagi loncat ke aer.. Karena lumayan dalem dan gelap, kami ga bisa liat kacamatanya ada dimana :( Maaf ya Han, gw ga bisa nemuin kacamatanya.. Habis berenang, kami langsung menuju ke campsite. Hari ini kami ngecamp di Marble Hill, sekitar 3 jam dari Christchurch..

Kena Tilang!

Nelson Lake
Bebek bebek

Hari ke-17
Every journey needs to come to an end. Begitu juga dengan perjalanan kami kali ini di New Zealand. Hari ini kami sampai di Christchurch dan akan melanjutkan perjalanan masing". Han sama Tee bakalan balik ke Melbourne. Dan gw?  Gw memutuskan buat balik ke Indonesia, hehehe.. Udah kangen banget niihh.. Tapi bukannya langsung pulang kampung, gw mau jalan" dulu ke Bali dan Lombok~ Yippee!!

Yang pasti New Zealand ini, alamnya bikin gw lebih terkesima dan jatuh hati dibanding dengan Australia. Bagus-bagus pemandangannya disini.. Terus suku lokalnya lebih berbaur sama pendatangnya, ga dikasih "sekat-sekat" yang memisahkan.. #aishh
Tapi buat orang-orang yang suka keramaian, di New Zealand bakalan bete kali ya.. karena sepi bangeett.. Kayaknya masih banyakan domba & sapi dibandingkan populasi manusianya.. hahaha..

Anywaaayy, it's a really amazing trip! I love it!

Bye Campervan!
My New Zealand Roadtrip mates!
Hand & Tee (The Lovey Dovey Couple)
Bong (The LoTR Die Hard Fans)
Me (The Ordinary Tourist)
(Nama samaran yaa, biar ga terkenal.. hahaha)

Koleksi Post Cards!

Saran penting ga penting dari gw buat yang pada mau roadtrip:
1. Pilih temen seperjalanan yang cocok sama lo. Inget lo bakalan berhari" bareng sama mereka..
    - Kalo yang gak sepaham bisa bikin emosi jiwa
   - Kalo sama temen n pacarnya, yang tipe pacarannya lebay bisa bikin baper n lo jadi    nyamuk. Udah banyak nyamuk disini ga usah ditambahin sama lo" pada #sekaliancurcol
   - Kalo sama temen yang ga bisa masak, siap" makan mie instan setiap hari. Kecuali lo    nya yang jago masak, amaann kalo gitu

2. Bawa obat"an terutama obat nyamuk.. Nyamuk disini ganas ciinn.. Sekali gigit nancep n gatelnya lama ilangnya

3. Latihan masak.. Terutama nasi tanpa pake rice cooker atau dandang.. Hahaha..

4. Bikin planning menu masakan, jadi ga bingung mau belanja dan masak apa nantinya.. Belanjanya ga usah langsung banyak, secukupnya dulu aja daripada mubazir.. Toh di tiap kota ada toko nya

5. Biar ga ngabisin tempat dimobil / campervan, bawa baju secukupnya aja. Lagian kadang baju yg sama dipake 2x (kalo gw). Selain itu beberapa campsite juga ada yang nyediain laundry n dryer kok

6. Bikin itinerary, jangan diforsir / dipadetin jadwalnya.. Yang ada malah bisa jadi berantakan, kejer"an sama waktu,  dan setiap objek wisata ga dinikmatin jadinya..

7. Cek objek wisata yang mau didatengin bayar / ngga, harus book dulu kah, harus pake tour kah, dan jam buka n jam tutupnya.

8. Download aplikasi buat cari campsite / akomodasi. Gw sih pake Campermate, bisa buat cari campsite, toilet, pom bensin, dumpsite (buat buang waste water dari campervan), dan lain-lain. Ada juga Wikicamp, tapi gw pribadi sih lebih suka Campermate berasa lebih akurat..

Ini kisaran biaya yang dikeluarkan selama Roadtrip kita di New Zealand. ini gw bagi 2 ya..
Oh ya, ini ga termasuk biaya Skydiving ya.. Skydiving abis sekitar NZD 500 include video dan foto..

Yang pertama itu pas gw masih jalan-jalan ber4 dengan rute:
* Christchurch-Queenstown,
* Queenstown-Glenorchy-Queenstown (Rental Mobil biasa),
* Queenstown-Christchurch,
* Chirstchurch-Auckland

NZ Road Trip Expenses (4 persons) (Dalam mata uang NZD)
*ada beberapa expenses yang cuma dibagi 3

Yang kedua pas gw cuma jalan-jalan ber3, dengan rute:
* Auckland - Christchurch

NZ Road Trip Expenses (3 persons)
(Dalam mata uang NZD)

NB: Semoga kebaca.. Kalo pengen tau tapi agak ga kebaca, tanya aja ya.. hehe :)

Segitu aja cerita jalan-jalan di New Zealand dan beberapa saran geje dari gw.. Semoga bermanfaat!

1. Keep sharing kak, Always enjoy your blog

1. Thank you for the support, Dira!!

2. halo ka, aku mau nanya2 nih sama kk ttg pengalaman kk yg kerja di ausi itu.. kalo boleh contact aku by email ya taniamonicaa@gmail.com
    thanks ka.

1. Halo, boleh" kirim email aja ke fmhaven916@gmail.com :)

3. Seneng banget nemu blog ini...so inspiring indeed!
    Kak tanya dong, aku ada rencana roadtrip juga di NZ, kita mau start dr Queenstown dan berakhir di Auckland, alokasi waktu 8D7N..kira2 doable gak yah? Kalo doable,bakalan nyiksa gak yah?
    Thaaaaaanks in advance :)

4. Haloo thank you udah baca blognya..

Bisa bisa aja, tergantung dari jumlah tempat" yg mau didatengin juga..

Bakalan bikin pengen balik lagi n explore lokasi lain yg belum dikunjungi pastinya..hahhaha *sekaliancurcol

1. Kalo boleh tau, dulu hire campervan dimana Kak? Terus sim internasional yg dari polri accepted ya? Agak deg2an nih roadtrip pertama kali haha